Home / Pelaksaan Eksekusi Pengadilan Agama Dompu Berlangsung Damai

Pelaksaan Eksekusi Pengadilan Agama Dompu Berlangsung Damai

Dompu | pa-dompu.go.id
Pada hari Senin tanggal , 20 Februari 2017 tepat pukul 07.30 WITAT Eksekusi Pengadilan Agama Dompu yang dipimpin oleh  Suharto, S.Ag (panitera), Ruslan S.H.I (Jurusita sekaligus saksi), M. Nur (Jurusitasekaligus saksi), Abdurahman, S.Hdan didampingi langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Dompu Drs. Muh Zaini, tiba dilokasi eksekusi selain itu hadir pula pada pelaksanaan eksekusi tersebut BABINSA Desa Serakapi, Kepala Desa (Sastro Wijoyo) Serakapi, Kuasa para pihak Pemohon/Termohon eksekusi.

Pelaksanaan eksekusi yang dilaksanakan berdasarkan Surat Penetapan Ketua Pengadilan Agama Dompu Nomor 02/Eksekusi/2016/PA.Dp. tanggal 20Maret 2016Tentang Perintah Pelaksanaan Eksekusi perkara Harta Gono Gini Nomor 0347/Pdt.G/2015/PA.Dp. yang telah dikuatkan dengan putusan Pengadilan Tinggi Agama Mataram Nomor 025/Pdt.G/2016/PTA.Mtr., tanggal 13 Mei 2016 yang telah berkekuatan hukum tetap.
Sebelum turun di lokasi pelaksaan eksekusi telah dilakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Desa Serakapi, serta para pihak Pemohon/Termohon Eksekusi di Balai Desa Serakapi guna kelancaran pelaksanaan eksekusi dilapangan, kemudian setelah tiba di lokasi eksekusi lalu tiem eksekusi membacakan  berita acara pelaksaan putusan (eksekusi) selanjutnya eksekusi dilaksanakan yang diawali dengan  penyerahan uang sebagai konpensasi barang bergerak yang di kuasai oleh pemohon eksekusi, kemudian dilanjutkan dengan pembagian obyek yang dieksekusi terkhir penanda tanganan berita acara pelaksanaan putusan (eksekusi) dari kedua belah pihak yang berpekara disertai dengan para saksi-saksi.

Eksekusi dapat berjalan dengan lancar dan damai tidak ada halangan yang menghambat pelaksaannya, hal ini tidak lain karena sebelum pelaksanaan eksekusi, telah dilakukan  anmanning selama tiga kali pertemuan yang bertempat di Kantor Pengadilan Agama Dompu yaitu tanggal 31 oktober 2016, tanggal 12 Desember 2016 dan tanggal 02 Februari 2017 dan pada saat pelaksanaan eksekusi terjadilah kesepakatan bersama bahwa obyek yang menjadi sengketa tersebut akan di bagi secara damai yang tertuang dalam perjanjian kesepakatan pelaksaan eksekusi.

Eksekusi dilaksanakan sebagai wujud tindakan riil penanganan suatu perkara yang selanjutnya memberikan hak-hak bagi para pencari keadilan sesuai dengan putusan majelis hakim. Semoga dengan pelaksaan eksekusi ini apa yang menjadi hak-hak para pencari keadilan dapat terpenuhi sesuai dengan azas keadilan. Sehingga pada akhirnya Pengadilan Agama Dompu dapat menjadi rujukan terakhir dari para pencari keadilan untuk menyelesaikan permasalahan dalam hal pembagian harta waris maupun harta bersama. (Yadin)