Home / Audit Kinerja & Integritas BAWAS MA.RI Di PA Badung

Audit Kinerja & Integritas BAWAS MA.RI Di PA Badung

BAWAS1

Salah satu fungsi Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I. adalah melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan manajemen peradilan diantaranya pada bidang pengaturan dan pengurusan masalah organisasi, administrasi dan finansial badan peradilan di bawah Mahkamah Agung R.I., dengan tujuan untuk menjaga tertib administrasi peradilan yang baik dan benar serta meningkatkan kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I. menugaskan Nugroho Setiadji, Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I. sebagai Penanggung jawab, Asnahwati, Inspektur Wilayah II pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I. sebagai Pengendali Teknis, dengan Tim Pemeriksa Hj. Azizah Bajuber, Hakim Tinggi Pengawas Mahkamah Agung R.I. sebagai Ketua, Andi Muhammad Yusuf Bakri Hakim Yustisial pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI sebagai Anggota, Wiwi Ismiyati Kasub TU Irwil II pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI sebagai Sekretaris, Tagor Bagus Suprobo Staf  TU Irwil II pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI sebagai Staf Pemeriksa, Nawangsih Ayu Hartami Staf  TU Irwil II pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI sebagai Staf Pemeriksa, untuk melakukan pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan integritas pada Pengadilan Agama Badung kelas II.

BAWAS2 BAWAS3

Tim Pemeriksa tiba di pulau Dewata pada hari Senin sore tanggal 18 September 2017, dan mulai melaksanakan pemeriksaan pada hari Selasa tanggal 19 September 2017 s/d hari Rabu tanggal 20 September 2017. Hari pertama, Tim Pemeriksa disambut oleh Ketua PA Badung Drs. Maftuh Basuni, M.H. dan Wakil Ketua PA Badung Dra. Nur Sholehah, M.H. bersama para Hakim serta Aparatur Pengadilan Agama Badung, setelah mengisi buku tamu selanjutnya tim pemeriksa diterima di ruangan Ketua bersama Wakil Ketua, Sekretaris dan Panitera PA Badung. Ketua Tim Pemeriksa memperkenalkan tim pemeriksanya dan menyerahkan Surat Tugas Nomor. 543/BP/ST/VIII/2017, serta menyampaikan untuk melaksanakan pemeriksaan kinerja dan integritas agar disediakan ruangan khusus unruk pemeriksaan.

Dalam melakukan pemeriksaan, Tim Pemeriksa terlebih dahulu melakukan pemeriksaan/pengecekan terhadap sarana prasarana kantor dan layanan-layanan yang menjadi ikon layanan masyarakat Pengadilan Agama Badung, kemudian melakukan pemeriksaan pada sistem dokumen yang dimulai pada Ka.Sub Bagian Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana pada ruang khusus pemeriksaan yang disediakan. Selanjutnya secara berurutan Tim Pemeriksa melakukan pemeriksaan pada sistem dokumen Kepaniteraan.

Pada pemeriksaan hari kedua, Tim Pemeriksa merampungkan segala pemeriksaannya dan mengakhiri kegiatan pemeriksaannya dengan melaksanakan ekspos hasil pemeriksaan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Badung, ekspos pemeriksaan sendiri atas permohonan KPA Badung. Dalam pemaparannya, Ketua Tim mengingatkan agar dalam melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan teknis peradilan agar menjalankan hukum acara sesuai ketentuan dan memberi apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pengadilan Agama Badung karena telah menjalankan tugas-tugasnya dengan baik dengan hasil pemeriksaan cukup baik, Beliau juga menjelaskan agar temuan-temuan tersebut segera ditindak lanjuti dan dibuat laporan yang laporan tersebut dikirimkan kepada Bawas MA.RI paling lambat satu bulan setelah pemeriksaan. Ketua Pengadilan Agama Badung Drs. Maftuh Basuni, M.H.,  menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Pemeriksa atas bimbingan dan pembinaannya dan mengapresiasi Tim Pemeriksa yang telah melaksanakan audit kinerja pada Pengadilan Agama Badung dan akan menindaklanjuti temuan sekecil apapun dengan segera. Kegiatan ekspos audit kinerja ditutup dengan pembacaan doa oleh Sekretaris PA Badung Patria Utama, S.Ag. M.A.