Home / Berita / Audit SAPM di Pengadilan Tinggi Agama NTB Oleh Tim Assesor External

Audit SAPM di Pengadilan Tinggi Agama NTB Oleh Tim Assesor External

Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) yang dicetuskan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) Mahkamah Agung RI cukup direspon positif oleh aparatur Peradilan tak terkecuali bagi aparatur Pengadilan Tinggi Agama NusaTenggara Barat, Sejak dilauching sejak bulan Agustus tahun ini, Pengadilan Tinggi Agama terus mempersiapkan diri untukpelaksanaan SAPM ini.

Hari Senin, tanggal 03 Juli 2018 TIM Asesor Eksternal bertandang ke Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat, dengan diketuai oleh Hj Siti Rumiyani SH., MH.(Lead Asesor) dengan asesor pendamping Hj. Umiyati, SH dan Yunarina Marhamah, SH.MH. Kedatangan tersebut untuk melaksanakan penilaian untuk mengukur tingkat kesesuaian antara implementasi di Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat terhadap persyaratan Akreditasi Penjaminan Mutu.

Dalam Standar Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah terdiri dari 3 Bab, 764 standar, 7770 poin Penilaian. Penilaian dilakukan dengan menilai poin penilaian pada masing-masing standar. Pelaksanaan asesment atau penilaian dilakukan selama tiga hari dengan jadwal yang telah ditetapkan yaitu mulai tanggal 03 Juli 2018 sampai dengan tanggal 5 Juli 2018.

Waktu yang sangat mepet, menjadi kendala tersendiri bagi persiapan SAPM ini. Namun hal tersebut tidak menjadi halangan berarti, dengan segenap sumber daya yang dimiliki Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat, berbagai persiapan, baik persiapan dokumen-dokumen maupun perbaikan pelayanan terus ditingkatkan oleh semua Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat.

Tim Asesor Eksternal terlebih dahulu melakukan opening meeting (rapat pembukaan) bertempat di ruang sidang Utama Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat pada pukul 08.30 sampai pukul 10.00 WIB yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua,Hakim-Hakim, Panitera, Sekretaris, seluruh pegawai Pengadilan Agama Pangkalpinang. Agenda dalam rapat pembukaan yaitu perkenalan Tim Asesor dengan semua pegawai Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat dan penyampaian penjelasan jadwal asesment.

Dalam Opening Meeting terlebih dahulu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat Dr.Drs. Ahmad Fadlil Sumadi, S.H.,M.Hum. menyampaikan sambutannya berterima kasih kepada Tim Asesor Eksternal yang telah bertandang ke Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat yang tentunya  Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat sangat memerlukan penilaian kesesuaian dengan standar APM, masukan, kritikan dan saran untuk memaksimalkan pelayanan pada pengguna jasa di Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat.

Selanjutnya Hj Siti Rumiyani SH., MH. sebagai Lead Asesor menyatakan bahwa hal yang paling penting dalam SAPM ini adalah implementasinya. Karena Pengadilan yang berhak menyandang Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu adalah Pengadilan yang berhasil mengimplementasikan standar yang telah ditentukan Badilag dalam kegiatan sehari-hari. Setelah Ketua Tim Asesor menyampaikan agendanya, Opening Meeting ditutup oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat dengan membaca lafaz hamdalah.

Akhirnya setelah tiga hari pelaksanaan Asesment Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat ditutup dengan Closing Meeting pada hari Kamis, 5 Juli 2018 pukul 11.00 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat. Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat sudah berusaha semaksimal mungkin dan penilaian terakhir diserahkan pada Komite Keputusan Akreditasi Pengadilan Agama.