Berita Agama

Sumbawa Besar (09/03/2020). pa-sumbawabesar.go.id 

Terhitung mulai tanggal 09 Maret 2020 setelah dilantik oleh Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar H. Akhmad Junaedi, S.H., maka resmilah Khaeril, S.Ag sebagai Hakim Pengadilan Agama Sumbawa Besar yang sebelumnya menjadi Ketua PA Badung Kelas II. Acara Pelantikan dilaksanakan bertempat di ruang sidang 1 Pengadilan Agama Sumbawa Besar, dihadiri oleh para hakim, Panitera dan Sekretaris, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh karyawan dan karyawati PA Sumbawa Besar, turut hadir juga Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris dan Beberapa Pejabat dari PA Badung yang sekaligus mengantarkan beliau. Acara berlangsung penuh khidmat.

Lantunan merdu lagu Indonesia Raya dari seluruh hadirin menandai dimulainya prosesi acara Pelantikan, dilanjutkan dengan pembacaaan  surat keputusan Ketua Mahkamah Agung RI oleh Abd. Rasyid, S.H.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara inti yakni pelantikan Khaeril, S.Ag. sebagai Hakim Madya Pratama PA Sumbawa Besar oleh KPA Sumbawa Besar, dan penantatanganan Fakta Integritas. Setelah prosesi pelantikan selesai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan acara perkenalan oleh hakim yang baru dilantik.

Mengawali perkenalannyan beliau mengucapkan terima kasih kepada Ketua PA Sumbawa Besar yang telah melantik beliau. Khaeril menceritakan pengalamannya sejak menjadi Cakim di PA Praya, serta sebagai hakim di Daerah Papua yakni hakim di PA Biak, sebagai hakim di PA Arso, sebagai hakim dan Wakil Ketua di PA Sorong, serta sebagai Ketua di PA Badung. Beliau juga berharap agar di PA Sumbawa Besar dapat bimbingan dari Ketua PA Sumbawa Besar, juga dari bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan sehingga mendapat pengalaman baru yang lebih meningkat, terlebih lagi karena PA Sumbawa sudah memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)  tutur beliau mengakhiri ucapannya.

Kemudian pemberian kata-kata sambutan oleh Ketua PA Sumbawa Besar. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat berbahagia dan selamat datang kepada pejabat yang baru dilantik, telah menjadi bagian dari keluarga besar PA Sumbawa Besar. Dan mudah-mudahan bisa menjadi penguat kinerja pada PA Sumbawa Besar yang saat ini sudah baik. Karena akhir-akhir ini nilai evaluasi kinerja PA Sumbawa Besar baik di Kepaniteraan maupun di Kesekretariatan baik dilevel regional maupun Nasional ratingnya lagi naik dan bagus tutur beliau. Termasuk nilai SIPP di tiga minggu terakhir di bulan Februari 2020 terus naik bahkan masuk 4 (empat) besar. Hal ini bisa terjadi berkat kerja keras dan kerja sama yang baik dari seluruh pegawai, yang mudah-mudahan bisa dipertahankan bila perlu ditingkatkan tutur beliau.

Sekitar pukul 12.15 Wita seluruh rangkaian acara kegiatan pelantikan di tutup dengan do’a bersama yang di pimpin oleh H. Moch. Yuda Teguh Nugroho, S.H.I. 

Pada bagian akhir kegiatan sesi poto bersama dan pemberian ucapan selamat yang diawali oleh Ketua PA Sumbawa Besar dan dikikuti oleh seluruh hadirin menandai berakhirnya seluruh rangkaian prosesi acara pelantikan Hakim Madya Pratama Pengadilan Agama Sumbawa Besar. (Doc. Tim IT PA Sub.).