Berita Agama

Ketua Tim Pembina dan Pengawas Daerah PTA Mataram Drs. Saherudin (tengah) didampingngi Anggota Tim H. Mahsyar, S.H (kanan) dan Ketua PA Klungkung Ruslan, S.Ag., S.H., M.H (kiri) saat menyampaikan hasil pembinaan dan pengawasan

Usai merampungkan kegiatan pembinaaan dan pengawasan di Pengadilan Agama Klungkung, Tim Pembina dan Pengawas Daerah PTA Mataram menggelar ekspose hasil pembinaaan dan pengawasan, Jumat (17/7/2020). Kegiatan ekspose dilaksanakan di Ruang Sidang PA Klungkung. 

Pembinaan dan Pengawasan Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah PTA Mataram di PA Klungkung berlangsung dari tanggal 15 s.d 17 Juli 2020.

Tujuan kegiatan pembinaan dan pengawas adalah menjaga tertib administrasi Teknis Yustisial dan administrasi Kesekretariatan, dan terselenggaranya manajemen peradilan yang baik dan benar.

Tim yang melakukan pembinaan dan pengawasan di PA Klungkung adalah Drs. Saherudin (Hakim Tinggi selaku Ketua Tim), H. Mahsyar, S.H (Kabag Umum dan Keuangan selaku Anggota), Drs. Jumardi (Panitera Pengganti selaku Anggota), Lalu Badarudin, S.H (Panitera Pengganti selaku Anggota), Suwardiman, S.Pd., S.H., M.Ak (Kasubag Rencana Program & Anggaran Anggota), dan Hairil Umam, S.T (PPNPN). 

Ruang lingkup pengawasan adalah Manajemen dan Kinerja pelayanan publik, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan dan Administrasi Umum meliputi Urusan Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana, Urusan Umum dan Keuagan, dan Urusan Perencanaan dan Teknologi Informasi.

Dalam kesimpulannya, Tim Pembina dan Pengawas Daerah menyampaikan bahwa Pengadilan Agama klungkung telah melaksanakan tertib administrasi Teknis Yustisial dan administrasi Kesekretariatan, dan terselenggaranya manajemen peradilan yang baik dan benar, walaupun dibeberapa bagian terdapat temuan yang harus diperbaiki.

Usai menyampaikan hasil pembinaan dan pengawasan Ketua Tim Drs. Saherudin menyerahkan Lembar Hasil Pemeriksaan Reguler (LHPR), dan Kontrak Kinerja kepada Ketua PA Klungkung Ruslan, S.Ag., S.H., M.H. Ia Meminta LHPR dan kontrak kinerja agar ditindaklanjuti selambat-lambatnya sampai dengan tanggal 18 Agustus 2020. 

Ketua PA Klungkung Ruslan, S.Ag., S.H., M.H., saat menutup kegiatan ekspose meminta kepada jajarannya untuk segera menindaklanjuti hasil pembinaan dan pengawasan PTA Mataram. Ia meminta dalam 2 minggu kedepan apa yang menjadi temuan harus sudah tuntas dilakukan perbaikan dan melaporkannya ke PTA Mataram. (hrpangin)