Berita Agama

Praya | pa-praya.go.id

Kewenangan Pengadilan Agama adalah menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan suatu perkara yang diajukan kepadanya, sesuai dengan kewenangannya sebagaimana diatur dalam Pasal 49 Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009 tentang Peradilan Agama. Kewenangan menyelesaikan perkara maknanya adalah termasuk melakukan eksekusi apabila ada permohonan eksekusi karena pihak yang kalah tidak melaksanakan isi putusan dengan sukarela.

 

Tim Eksekutor PA Praya membacakan Penetapan Eksekusi di Hadapan Para Pihak

Rabu, 24 Maret 2021, PA Praya laksanakan Eksekusi obyek tanah dengan luas 8,21 are yang berdiri di atasnya bangunan lantai 2 yang terletak di lingkungan Bogak, Kelurahan Tiwugalih, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Pelaksanaan Eksekusi tersebut terkait permohonan Pemohon eksekusi dengan Register Nomor : 372/Pdt.G/2020/PA.Pra.

Tim eksekutor dari PA Praya yakni Panitera, Drs. Ahmad, S.H.,M.H. Panitera Muda Gugatan, H. Jalaludin,S.H, Jurusita Muhamad Asim, S.H dan 2 orang saksi Suparman, S.H dan Lalu Sapri, S.H. juga  menyertakan anggota Polres Lombok Tengah, Petugas ukur dari BPN, Lurah Tiwugalih serta disaksikan oleh masyarakat. 

Perkara Harta Bersama ini sudah diputus tanggal 27 Oktober 2020 dan pernah diajukan banding namun dicabut tanggal 30 November 2020. Dengan harapan pihak termohon eksekusi secara sukarela menyerahkan objek sengketa kepada pemohon. Namun sampai awal tahun 2021 pihak termohon tidak menyerahkan objek sengketa kepada pemohon maka akhirnya pemohon mengajukan permohonan eksekusi.

Proses eksekusi secara keseluruhan berjalan lancar walaupun ada sedikit rintangan, dimana pihak termohon tidak mau menyerahkan objek sengketa dengan alasan sudah dihibahkan kepada anak-anaknya. Namun berkat koordinasi yang baik antara PA Praya dengan Polres, BPN dan Kelurahan Tiwugalih eksekusi berjalan sesuai dengan amar putusan.

Ketua tim pelaksana eksekusi Drs. Ahmad, S.H.,M.H.  menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan eksekusi ini serta masyarakat sekitar atas kerja sama dan pengertiannya sehingga pelaksanaan eksekusi ini dapat berjalan dengan baik. Terimakasih juga kepada pihak BPN Lombok Tengah serta aparat kepolisian dari Polres Lombok Tengah yang telah melakukan pengamanan di sekitar objek eksekusi sehingga memberikan rasa aman dan situasi yang terkendali. (Tim IT PA Praya)