Berita Agama

 

Pembangunan Zona Integritas berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2019, sebagai perubahan dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Pada tanggal 10 Desember 2019, Pengadilan Agama Sumbawa Besar berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB)

Bapak Ahmad Masruri Yasin, S.H.I., M.S.I. selaku Pembina Apel Pagi hari Senin, tanggal 29 Maret 2021 mengingatkan pada minggu terakhir di bulan Maret 2021 ini agar mempersiapkan laporan akhir bulan Maret 2021. Selain itu, beliau menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Sumbawa Besar telah mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju fase Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dimana fase WBBM ini merupakan salah satu tuntutan Reformasi Birokrasi untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan professional serta melayani publik dengan hati.

Pada prinsipnya menurut beliau, harus ada perubahan yang terjadi, wujudnya yaitu Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Perubahan itu terdapat pada komitmen dan pola pikir dari jajaran pimpinan sampai dengan ke seluruh pegawai pengadilan Agama Sumbawa Besar dalam hal memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan para pihak pencari keadilan. Dan perubahan itu bukan hanya disadari secara internal, tapi harus dikampanyekan (public campaign) agar masyarakat mengetahui.

 

Salah satu cara public campaign adalah lewat aplikasi twibbone, itu artinya yang dikehendaki Pimpinan Mahkamah Agung bahwa Pengadilan Agama Sumbawa Besar mendukung Zona Integritas menuju WBK/WBBM diketahui oleh masyarakat. Adanya Facebook, Instagram dan Website juga cara Pengadilan Agama Sumbawa Besar dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan berkolaborasi dengan masyarakat. Kita punya website, website itulah wajah kita, rumah kita.

Pungkas beliau, Birokrasi pemerintah haruslah melayani dengan hati.

#Reformasi Birokrasi

#Zona Integritas

#Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)

#Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

#Pengadilan Agama Sumbawa Besar Hebat