Home » Berita Daerah, Berita Peradilan » Sosialisasi Hasil Bimtek Kepegawaian, SAKPA dan SIMAK BMN di PA Klungkung

Sosialisasi Hasil Bimtek Kepegawaian, SAKPA dan SIMAK BMN di PA Klungkung

Semarapura|Pa-klungkung.go.id

Pengadilan Tinggi Agama Mataram pada bulan April lalu menggelar 2 kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yakni Bimtek Kepegawaian, (8 s/d 10 April 2013) dan Bimtek Sistem Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (SAKPA) dan Sistem Informasi Manajemen Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN), (25 s/d 27 April 2013). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Satuan Kerja (Satker) yang berada di wilayah PTA Mataram meliputi wilayah Provinsi NTB dan Bali bertempat di Hotel Jayakarya Senggigi – Mataram.

Dalam kegiatan tersebut Pengadilan Agama Klungkung mengirimkan peserta masing-masing sebanyak 4 orang. Untuk Bimtek Kepegawaian peserta yang dikirim adalah Drs, Jumardi (Panitera/Sekretaris), Sukiah, SH (Wakil Sekretaris), Suaedin, S.Sos (Bendahara Pengeluaran) dan Septiangga Torihoran (Operator). Sementara untuk Bimtek SAKPA dan SIMAK-BMN diikuti Patria Utama, S.Ag (Kaur Umum), Rudi Haryadi, S.Kom (Kaur Keuangan), Lalu Anhmad Anshari, SH (Bendahara Penerima) dan Septiangga Torihoran (Operator).

Sebagaimana tradisi yang selama ini dikembangan di Pengadilan Agama Klungkung,  bagi para pejabat maupun staf yang telah mengikuti pelatihan diwajibkan untuk melakukan sosialisasi terhadap hasil yang telah diperoleh saat mengikuti pelatihan, sebagaimana disampaikan oleh Ketua Drs. H. Muhammad, SH., MH dalam sambutannya. Ketua meyampaikan  tujuan dari kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan sekaligus pemahaman yang sama kepada semua karyawan, Pengadilan Agama Klungkung tidak bisa dijalankan hanya bertumpu pada satu atau dua orang saja melainkan semua komponen yang ada harus terlibat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Untuk itu ketua berharap semua hasil Bimtek yang telah diikuti hendaknya harus di sosialisasikan dan diimplementasikan secara benar dan maksimal.

Acara sosialisasi yang dilaksanakan Kamis, (16/05/2013) bertempat di ruang sidang tersebut, berlangsung dari pukul 09.30-16.00 WITA dihadiri oleh seluruh karyawan dan karyawati. Semangat dari seluruh karyawan dalam mengikuti acara tersebut sangat terlihat, dimana begitu banyaknya pertanyaan diajukan disertai diskusi yang cukup alot. Pada kesempatan pertama Patria dan Rudi menyampaikan tentang SIMAK-BMN dan SAKPA. Secara garis besar, Patria menyampaikan tata kelola Barang Milik Negara secara benar sesusi ketentuan yang ada, sementara Rudi yang menyampaikan materi tentang SAKPA fokus untuk mensosialisaikan tentang Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) Berbasis Akrual, dan sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Pada kesempatan kedua Drs. Jumardi yang didampingi oleh Angga mensosialisasikan tentang pengelolaan Aplikasi SIMPEG online dan Standar Operasinal Prosedur (SOP). (**HR Pangin)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>