Home » Berita Peradilan Agama, Berita Utama » Pelantikan dan Serah Terima Jabatan di PTA Mataram

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan di PTA Mataram

Mataram | www.pta-mataram.go.id, (22/09/2010), Acara pengambilan sumpah jabatan,pelantikan dan serah terima jabatan Ketua Pengadilan Agama Mataram,Denpasar, Sumbawa Besar, Gianyar, Badung,Tabanan ,Negara dan Singaraja telah dilaksanakan hari Rabu (22/09/2010) bertempat  di ruang Ballroom Hotel Grand Legi Mataram.

Acara yang dimulai tepat jam 9.30 WITA tersebut dihadiri oleh KPTA Mataram Drs.H.A. Karim A Razak,SH.MH , KPT Mataram H.L.Mariyun,SH.M.Hum, Waka PTA Drs.H.M. Said Munji SH.MH, Wakil Ketua PTUN Mataram, Wakil Ketua PN Mataram, para Hakim Tinggi, Ketua PA sewilayah PTA Mataram, pejabat fungsional dan struktural PTA Mataram serta para tamu undangan lainnya.

Kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan adalah bagian dari proses rotasi,mutasi dan promosi jabatan untuk memberikan penyegaran dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, sebagaimana tertuang dalam surat keputusan Mahkamah Agung RI tentang pengangkatan para Ketua Pengadilan Agama yang baru. Yaitu pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Ketua PA Denpasar kelas 1A, Ketua PA Mataram kelas 1A dan Ketua PA Sumbawa besar kelas 1B dilakukan oleh KPTA Mataram Drs.H.A. Karim A Razak SH.MH. dengan saksi oleh Drs.H.Achmad Hanifah dan Drs.Hamdani S,SH.M.Hi., keduanya Hakim Tinggi PTA Mataram serta Marsoan,SH. Panitera Pengganti PTA Mataram sebagai rohaniawan.  KPA Denpasar yang baru Achmad Zainullah,SH.MH. sebelumnya bertugas sebagai KPA Sumbawa Besar menggantikan Drs.H. Muslim Latif,SH. yang mendapat tugas baru sebagai Hakim Tinggi PTA Pekanbaru, KPA Mataram yang baru Drs.Idham Khalid,SH. sebelumnya bertugas sebagai Waka PA Jombang menggantikan Drs.H.Asep Saifullah Amin,SH.MH. yang mendapat tugas baru sebagai Hakim Tinggi di PTA Pontianak, sedangkan KPA Sumbawa Besar yang baru Mansur,SH. sebelumnya menjabat sebagai Waka PA Sumbawa Besar.

Selain itu dilakukan pula pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan untuk Ketua Pengadilan Agama Gianyar,Badung,Tabanan,Negara dan Singaraja. Ketua PA Gianyar yang baru adalah Drs.H.M. Ishaq,MH.    sebelumnya bertugas sebagai Waka PA Gianyar, Ketua PA Badung yang baru adalah Drs.H.kKetut Madhuddin,SH. yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua PA Tabanan, Ketua PA Tabanan yang baru  adalah Drs.Mochamad Djauhari sebelumnya bertugas sebagai Waka PA Badung, Ketua PA Negara yang baru Drs.H.Zaenal Musthofa,SH. sebelumnya bertugas sebagai Ketua PA Klungkung, dan Ketua PA Singaraja yang baru Drs. Muhammad Noor,SH. sebelumnya menjabat sebagai Waka PA Singaraja.

Dalam amanatnya KPTA Mataram Drs.H.A.Karim A Razak,SH.MH. mengatakan bahwa tugas pokok badan peradilan adalah menerima,memeriksa, mengadili  dan memutuskan perkara bagi masyarakat pencari dengan berpijak pada asas peradilan yang sederhana,cepat dan biaya murah. Selain itu perlunya dukungan dari semua pihak untuk mensukseskan Visi  Mahkamah Agung RI yaitu mewujudkan Badan Peradilan yang Agung ( Court Excellence) dan Misi yang meliputi:

  • Menjaga kemandirian Badan Peradilan
  • Memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan
  • Meningkatkan kualitas kepemimpinan badan peradilan
  • Meningkatkan kredibiltas dan transparansi badan peradilan.

Untuk mendukung Visi dan Misi MA RI tersebut Direktorat Jenderal Peradilan Agama RI sebagai bagian dari MA RI telah melaksanakan reformasi birokrasi dengan acuan Quick Wins (transparansi publikasi putusan, pengembangan IT, pelaksanaan PPH, pelaksanaan PNBP serta evaluasi kerja dan remunerasi, pengawasan internal,pengembalian biaya panjar perkara,dll). Lebih lanjut KPTA Mataram mengatakan bahwa dengan terbitnya SEMA No.10 Tahun 2010 mengenai Pedoman Pemberian Bantuan Hukum, maka tata aturan pelaksanaan Posbakum (Pos Bantuan Hukum) dan hal-hal yang tersebut diatas ,diharapkan semua PA sewilayah PTA Mataram untuk meningkatkan pelayanan bantuan hukum sehingga mampu menjangkau semua masyarakat yang memerlukan bantuan hukum baik berupa pembuatan surat gugatan dan konsultasi, maupun  pelaksanaan sidang keliling dan perkara prodeo.

Setelah berlangsung selama 2 jam lebih, maka acara pengambilan sumpah jabatan,pelantikan dan serah terima jabatan ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh KPA Karangasem Drs.H. Taufiqurrahman,SH dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada para Ketua PA yang baru dilantik didampingi istri dan pemberian ucapan selamat oleh semua hadirin yang hadir dalam acara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>