Home » Berita, Berita Daerah » PA Karangasem Gelar Sosialisasi Hasil Rakor di PTA Mataram

PA Karangasem Gelar Sosialisasi Hasil Rakor di PTA Mataram

Karangasem | www.pa-karangasem.go.id (18/10)
Kamis pagi 18 Oktober PA Karangasem menggelar acara sosialisasi hasil rapat koordinasi KPA Karangasem dengan unsur pimpinan PTA Mataram beberapa waktu yang lalu. Sosialisasi yang digelar di ruang sidang PA Karangasem tersebut dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Pansek, pejabat struktural dan fungsional, serta karyawan/ karyawati PA Karangasem.

Sebelum memaparkan hal-hal yang disampaikan oleh KPTA dan Waka PTA Mataram, Bapak Ketua PA Karangasem Drs. H. Taufiqurrohman, SH. mengingatkan sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh jajaran yang hadir tentang 2 hal yang dapat meningkatkan pengetahuan. Diantaranya yaitu membaca dan menulis. Setiap ada rapat, ataupun pertemuan lain, sebaiknya membawa alat tulis seperti buku/ kertas dan ballpoint/ pensil. Membaca dan menulis merupakan suatu cara untuk membantu daya ingat, karena manusia memiliki daya ingat yang terbatas. Seperti firman Allah pada surat Al-’Alaq ayat 1 dan 4 berikut ini:

Artinya: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.

Artinya: Yang Mengajar manusia dengan pena.

Bapak Ketua PA kemudian melanjutkan untuk memaparkan hal-hal terkait rakor yang dilaksanakan di PTA Mataram beberapa waktu yang lalu. Dalam rakor tersebut, Bapak KPTA Mataram menyebutkan PA-PA yang mendapat nominasi untuk kategori IT/ pemanfaatan SIADPA terbaik, yaitu PA yang memiliki Hakim yang menguasai IT/ SIADPA. Bapak Ketua PA kemudian memotivasi seluruh Hakim di PA Karangasem untuk lebih menguasai lagi IT khususnya SIADPA.

Selain masalah IT dan SIADPA, beliau juga menyampaikan bahwa harus adanya kontrol dari pimpinan, dimana dalam setiap satker, khususnya dalam hal ini berbicara tentang PTA/ PA, terdapat 2 sistem di dalamnya yaitu Kepaniteraan dan Kesekretariatan. Adapun setiap bagian tersebut masing-masing dipimpin oleh seorang Panitera dan Sekretaris, dimana Wakil Panitera (Wapan) sebagai kawal depan Kepaniteraan, dan Wakil Sekretaris (Wasek) sebagai kawal depan Kesekretariatan. Apabila terdapat permasalahan pada masing-masing bagian harus melalui Wapan atau Wasek. Apabila belum mendapatkan solusi, disampaikan setahap demi setahap ke atas hingga mencapai penyelesaian. Masalah pemanggilan patut, hukum acara yuridiksi, sisa panjar perkara, hingga masalah pembuatan surat gugatan juga dibahas oleh Bapak KPTA, menurut penuturan Bapak KPA Karangasem pada acara sosialisasi pagi itu.

Pada kesempatan itu pula Bapak Ketua PA menyampaikan hal-hal yang dibahas oleh Bapak Waka PTA, antara lain mengenai biaya panggilan antara PA dan PN setempat harus sama. Juga dibahas tentang Buku II mengenai Bindalmin, dan Buku IV mengenai tata laksana pengawasan. Tak ketinggalan pula mengenai sistem terbaru pembayaran pensiun yaitu yang dibayarkan langsung saat pensiun, tidak lagi setiap bulannya.

Di akhir acara beliau berharap semoga kita dapat tetap menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya demi kemajuan bersama. (team-it)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>