Home » Berita, Berita Daerah » Pelantikan Jurusita Pengganti di PA Karangasem

Pelantikan Jurusita Pengganti di PA Karangasem

Karangasem | pa-karangasem.go.id
Hari Rabu 8 Agustus 2012 Ketua PA Karangasem kembali melantik seorang pegawai menjadi Jurusita Pengganti. Adalah Irwan Rosyadi, S.HI. yang aktif sebagai Staf Kepegawaian di PA Karangasem, yang memulai tugasnya sebagai warga Peradilan Agama sejak Desember 2003.

Pengambilan sumpah dan pelantikan pada pagi hari itu dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, pejabat struktural dan fungsional, seluruh karyawan dan karyawati PA Karangasem. Suasana hening di ruang sidang utama pagi hari itu tampak khidmat saat Bapak Ketua PA Karangasem Drs. H. Taufiqurrohman, SH. menuntun Jurusita Pengganti yang baru dalam pengucapan sumpah jabatan.

Usai pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan, Ketua PA Karangasem menyampaikan suatu nasihat kepada seluruh karyawan khususnya pejabat yang baru saja dilantik, mengenai tugas seorang jurusita/ jurusita pengganti. Dalam pasal 103 UU No. 7 tahun 1989, yang sudah diubah dengan UU No. 3 tahun 2006 dan juga UU No. 50 tahun 2009 tentang Pengadilan Agama, dijelaskan tentang tugas jurusita yaitu melaksanakan perintah ketua sidang (yang tentunya terkait dengan sidang/ perkara), menyampaikan pengumuman/ teguran, melaksanakan penyitaan sesuai perintah ketua sidang, membuat berita acara penyitaan, dan melakukan tugas persidangan di wilayah hukum yang bersangkutan.

Beliau menyebutkan salah satu hadits mengenai amanah yang harus dipegang oleh seorang jurusita, dan janji yang harus ditepati oleh khususnya setiap pegawai yang telah diambil sumpahnya.

ﻻﺍﻴﻤﺎﻦ ﻟﻤﻦﻻﺍﻤﺎﻧﺔ ﻟﻪ ﻭﻻﺪﻴﻦﻟﻤﻦﻻﻋﻬﺪﻟﻪ

Artinya: Tidak beriman bagi orang yang tidak mempunyai amanah, dan tidak beragama bagi orang yang tidak menepati janji.

Rangkaian acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan usai ditandai dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Drs. Ijmak, SH. Di penghujung acara seluruh hadirin memberikan ucapan selamat kepada Jurusita Pengganti yang baru atas amanah yang baru diembannya. (team-it)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>