Home » Berita, Berita Utama » Penutupan Bimtek Yustisial PTA Mataram

Penutupan Bimtek Yustisial PTA Mataram

Senggigi | pta-mataram.go.id (9/06), Setelah 3 hari berlangsung Bimbingan Teknis (Bimtek) Yustisial yang diselenggarakan PTA Mataram di Hotel Jayakarta Senggigi Lombok, Sabtu 9 Juni 2012 tepatnya pukul 11.00 WITA kegiatan bimtek resmi ditutup oleh Wakil Ketua PTA Mataram, Drs. H.M. Said Munji, SH.,MH.

Bimtek yang diikuti oleh 138 peserta ini berlangsung serempak terbagi dalam 3 kelas masing-masing 46 orang Hakim, 45 orang Panitera/Panitera Penggganti dan 47 orang Jurusita/Jurusita Pengganti Pengadilan Agama se Wilayah PTA Mataram. Narasumber terdiri dari Hakim Tinggi PTA Mataram, Kantor Kementerian Agama NTB, Kantor Badan Pertanahan NTB, Tim SIADPA Badilag dan PA Mataram.

Dalam sambutan penutupan Wakil Ketua PTA Mataram berharap bahwa dari hasil kegiatan bimtek ini dapat menjadi dorongan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan termasuk dari hasil berbagai temuan pengawasan yang telah berlangsung belum lama ini. Kita semua selayaknya mengevaluasi dan menelaah lagi kinerja kita setidaknya ada peningkatan dan tidak jalan di tempat dan salah satu solusinya adalah kita semua perlu mengembangan semangat iqro’ (membaca). Hal-hal yang berkepentingan dengan upaya peningkatan kinerja terkadang kita lupa untuk menyentuhkan, karena disibukkan dengan rutinitas pekerjaan yang sama.

Beliau juga menambahkan perlunya mengembangkan semangat wal ‘ashr yang merupakan salah satu bentuk manajemen dalam Islam. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan untuk berbuat benar, jadi mari kita bersama-sama memperbaiki kesalahan-kesalahan yang selama ini masih ada. Disamping itu kita semua juga berkewajiban berbuat dan membuat institusi kita menjadi lebih baik, mengembangkan komunikasi sosiologis dengan masyarakat, masyarakat jangan dibutuhkan dan diketakti ketika kita lagi butuh. Lembaga kita adalah lembaga umat yang dijamin keberadaannya oleh Undang-Undang Dasar, jadi mari kita menjadi orang yang layak ditonton orang lain dan patut ditiru, sehingga nantinya kita dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Dalam kaitan dengan upaya perbaikan diri dan hasil TPM Mahkamah Agung baru-baru ini, beliau juga mengingatkan bahwa jabatan adalah amanah dan hanya sesaat, jadi jangan mumpung memegang jabatan kita semena-mena, termasuk pada bawahan, jangan melakukan tindakan-tindakan yang tidak semestinya.

Mengakhiri sambutannya Waka PTA Mataram mengucapan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan bimtek ini, para narasumber, panitia dan peserta. Acara ditutup dengan pelepasan tanda peserta secara simbolis diwakili 3 orang peserta masing-masing oleh Hakim, Panitera Pengganti dan Jurusita. (Tim Redaksi)

 

1 komentar untuk Penutupan Bimtek Yustisial PTA Mataram

  1. Sangat setuju Pak Wakil, bahwa perlu dibangun semangat iqro’ (membaca) sebgai salah satu solusi terbaik utk meninggatkan kwalitas aparat PA. Karenanya buku-buku perpustakaan PA jangan cuma jadi barang pajangan yg tdk pernah disentuh aparat PA. Selamat bagi yg diberi kesempatan mengikuti bimtek. Semoga ilmu yg diperoleh dpt diimplementasikan di tmpt kerja masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>