Home » Berita, Berita Daerah » Rapat Koordinasi Terkait Kegiatan di Bulan Suci Ramadhan

Rapat Koordinasi Terkait Kegiatan di Bulan Suci Ramadhan

Karangasem | www.pa-karangasem.go.id (24/07)
Seperti pada tahun-tahun yang lalu, dalam menghadapi bulan suci Ramadhan 1433H PA Karangasem mengadakan rapat koordinasi terkait kegiatan di bulan suci Ramadhan. Kegiatan tersebut diadakan di ruang sidang utama, dan dihadiri oleh seluruh jajaran mulai dari Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Pansek, pejabat struktural/ fungsional, dan seluruh karyawan/ karyawati PA Karangasem. Rapat yang diselenggarakan usai apel Senin pagi tanggal 23 Juli 2012 itu dipimpin oleh Ketua PA Karangasem Drs. H. Taufiqurrohman, SH.

Dalam rapat pagi hari itu Bapak Ketua PA menyampaikan tentang jadwal jam kerja selama bulan Ramadhan yang dikirimkan oleh MA berdasarkan surat dari Menpan Nomor SE/16/M.PAN/10/2005 tanggal 10 Oktober 2005. Selama bulan Ramadhan, PA Karangasem mengagendakan kegiatan Qiroatul Kutub Kitab Al Fiqhul Islam wa Adillatuhu, setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat yang dimulai pada pukul 8:00 – 9:00 WITA. Shalat ashar berjamaah dan yasinan yang dipimpin oleh Drs. H. Taufiqurrohman, SH. (Ketua) yang biasa dilaksanakan oleh PA Karangasem setiap hari kerja, diganti dengan shalat zuhur berjamaah dikarenakan perubahan jam kerja. Usai shalat zuhur dilanjutkan dengan Qiroatul Kutub Tanqikul Kaul Al Jasis oleh Bapak Ketua PA Karangasem, dan tadarrus di ruangan masing-masing.

Dalam rapat tersebut, Bapak Ketua PA menyampaikan tausiyah tentang 4 (empat) kelompok manusia yang sangat dirindukan oleh syurga. Adapun ketiga kelompok tersebut antara lain orang yang mau membaca Al-Qur’an, orang yang mau menjaga lisan, orang yang mau memberi makan kepada orang yang lapar, dan orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Kita perbanyak dalam bulan Ramadhan ini adalah membaca Al Qur’an, karena satu huruf yang kita baca akan mendapatkan 10 pahala. Berbohong, ghibah, mengadu domba, fitnah, dan sumpah palsu dapat membatalkan pahala puasa. Salah satu hadits mengatakan ”Banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan pahala kecuali lapar dan dahaga” (HR Al Hakim). Hadits tersebut menganjurkan kita agar meningkatkan kendali diri agar tidak mengucapkan kata-kata yang keji dan perbuatan-perbuatan yang tercela, terutama di bulan Ramadhan.

Salah satu kelompok manusia yang sangat dirindukan oleh syurga adalah orang yang mau memberi makan kepada orang yang lapar. Hal ini termasuk memberikan makanan untuk berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa. Terkait erat dengan acara yang akan diadakan pada Rabu mendatang, yakni acara buka bersama yang disinkronkan dengan acara pelepasan Bapak Wakil Ketua (Drs. H. Saifuddin) ke PA Selong, para Hakim ayaitu Bapak Drs. H. Musthofa Zahron ke PA Bangkalan, Bapak H.M. Sururi, S.Ag. ke PA Pacitan, dan Bapak Drs. Masngaril Kirom, SH. ke PA Gresik. Pahala yang dijanjikan oleh Allah sangatlah besar bagi yang menjalankan amalan tersebut.

Terkait dengan pemberian harta kepada orang lain, Bapak Ketua PA mengingatkan untuk selalu mengeluarkan zakat 2,5% dari harta kita, karena apabila harta kita keluarkan sedekah dan zakatnya maka harta kita ibarat air yang mengalir. Air yang mengalir itu bersih, suci dan mensucikan. Akan tetapi harta yang tidak dikeluarkan sedekah dan zakatnya ibarat air yang kotor. Air kotor akan membawa penyakit, begitu juga harta yang tidak disedekahkan tidak akan membawa keberkahan. Karena itu Bapak Ketua PA menyarankan kepada seluruh pegawai PA Karangasem agar remunerasi bulan Juli 2012 disedekahkan sebesar 1% kepada kawan-kawan honorer. Semoga kita dapat menjalankan ibadah dengan baik selama bulan Ramadhan, ungkap beliau di akhir acara. (team-it)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>