Home / Berita / Berita Peradilan Agama / PENANDATANGANAN MoU PELAYANAN TERPADU PA MATARAM

PENANDATANGANAN MoU PELAYANAN TERPADU PA MATARAM

MOU wali1

(Foto : Penandatangan MoU Itsbat Nikah Terpadu oleh Ketua PA Mataram)

 

Proses panjang untuk mewujudkan kembali Pelayanan Terpadu di Kota Mataram akhirnya terwujud.Senin, (19/03/2018) sekitar pukul 09.00 WITA, bertempat di Kantor Lurah Bertais Kecamatan Sandubaya Kota Mataram, Walikota Mataram mengundang Ketua Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A, Kepala Kantor Kementrian Agama dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan SipIl Kota Mataram untuk menandatangani MoU dalam rangka pelaksanaan Pelayanan Terpadu Tahun Anggaran 2018.

 Mou wali2

 

Kegiatan ini dibiayai oleh APBD Kota Mataram dan untuk tahun 2018 ini Pelayanan Terpadu dilaksanakan sebanyak 4 kegiatan dengan tujuan agar tercipta tertib administrasi kependudukan bagi warga Kota Mataram dan menjadi pendorong bagi terwujudnya "Gerakan Mataram Sadar Administrasi Kependudukan (GEMAS-KAN)".

Dalam sambutan H. MOHAN ROKISKALINA selaku PLt. Walikota Mataram pada intinya menyatakan bahwa pencatatan administrasi kependudukan bagi warga Kota Mataram dimulai sejak lahir sampai dengan meninggal dunia, untuk mencapai tertib administrasi kependudukan seperti itu dibutuhkan kesadaran warga Kota Mataram dan untuk mendorongnya digulirkanlah "GEMAS-KAN" Gerakan Mataram Sadar Administrasi Kependudukan.

Bagi warga Kota Mataram yang belum mendapatkan berbagai dokumen kependudukan, Pemerintah Kota Mataram menyelenggaran Pelayanan Terpadu yang melibatkan Pengadilan Agama Kelas 1.A, Kementrian Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram. Namun dengan keterbatasan anggaran tentu saja tidak akan mampu menyelesaikan persoalan tersebut dengan tuntas, yang paling diperlukan adalah tumbuh kembangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib administrasi kependudukan.

Dipenghujung acara, Walikota Mataram juga meresmikan Pekuncuran Mobil Pelayanan Keliling Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram.