Home / Berita / Berita Peradilan Agama / PA SUMBAWA BESAR GELAR EKSEKUSI PERDANA 2018

PA SUMBAWA BESAR GELAR EKSEKUSI PERDANA 2018

Pengadilan Agama Sumbawa Besar pada tanggal 24 Januari  2018 melaksanakan Eksekusi Riil yang di Pimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar Bapak Drs. Sahlan S.H.,M.H didampingi oleh Panitera Pengadilan Agama Sumbawa Besar Kartika Sri Rohana S.H. dan Jurusita Pengadilan Agama Sumbawa Besar Hariri, SH selaku Eksekutor.

Eksekusi terhadap perkara harta warisan yang selama ini menjadi sengketa antara Pemohon Eksekusi H. Hasan dan Ibu Saleha Alm. selaku Penggugat  (Pemohon Eksekusi) dengan Hj.Sangging (Istri Alm) dan A. Rahim(Anak Angkat) sebagai Tergugat (Termohon Eksekusi).

index2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penggugat telah mengajukan gugatannya ke Pengadilan Agama Sumbawa Besar terdaftar  di Kepaniteraan dengan nomor register 208/Pdt.G/2013/PA.Sub dan telah diputus pada tanggal 16 Januari 2014 dan telah diajukan upaya hukum, banding dan kasasi.

 

Pelakasanaan Eksekusi Riil oleh PA Sumbawa Besar telah berkekuatan hukum Tetapdengan register 107/K/AG/2015 JO. 0041/Pdt.G/2014/PTA.Mtr JO. 208/Pdt.G/2013/PA.Sub terhadap harta Warisan dan harta bersama dengan jumlah 8 objek, terdiri dari tanah darat dan rumah diatasnya, sawah dan tanah tegalan serta daratan seluruhnya berjumlah kurang lebih seluas 4,2 hektar.

Pelaksanaan eksekusinya dengan pengamanan penuh oleh pihak kepolisian Resor Sumbawa dengan jumlah personil lebih kurang 80 orang, lengkap dengan persenjaan dan tameng pelindung. Semula pelaksanaan berjalan lancar pada objek pertama meskipun adanya sedikit hambatan berupa ketidakpuasan terhadap putusan dan terhadap tanaman yang berada di atasnya karena telah ditanami oleh pihak termohon eksekusi, akan tetapi masih dapat diatasi.

index3

 

 

Namun pada pelaksanaan objek kedua terjadi insiden yang tidak disangka dan tidak diperhitungkan sewaktu salah seorang keluarga Pemohon eksekusi ingin menunjukkan objek yang akan dieksekusi, pihak Termohon Eksekusi dan keluarganya serta teman-temannya melakukan kerusuhan  sehingga menimbulkan kegaduhan, pihak kepolisian sempat melakukan tembakan ke udara sebanyak 6 kali karena pihak Termohon Eksekusi melakukan perlawanan yang akhirnya diamankan dengan mambawa dan menahan yang bersangkutan.

 

index4

 

Setelah kejadian tersebut kita pihak eksekutor berkordinasi dengan pihak kepolisian dan menyatakan masih sanggup mengamankan sehingga pelaksanaan eksekusi tetap dilanjutkan dan pada objek terakhir tersebut dilaksanakan dalam keadaan hujan dan sudah pada pukul 17.00 WITA sore hari. Dengan ridlo dan pertolongan Allah akhirnya pelaksanaan eksekusi tersebut dapat dilaksanakan dalam satu hari