Home / Berita / PELANTIKAN DAN PENGUCAPAN SUMPAH JABATAN SERTA SERAH TERIMA JABATAN KETUA PENGADILAN AGAMA MATARAM KELAS 1.A

PELANTIKAN DAN PENGUCAPAN SUMPAH JABATAN SERTA SERAH TERIMA JABATAN KETUA PENGADILAN AGAMA MATARAM KELAS 1.A

pelantikan kpa mataram1

Selasa, (25/09/18), pukul 10.00 WITA bertempat diruang sidang utama Pengadilan Agama Mataram berlansung acara pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan serta serah terima jabatan Ketua Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A Bapak Drs. Kausar Anhar, S.H. yang sebelumnya merupakan Wakil Ketua Pengadilan Agama Bandung. Acara pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan dipimpin langsung oleh KPTA Nusa Tenggara Barat Bapak Dr. H. Ahmad Fadlil Sumadi, S.H., M. Hum. dan turut dihadiri oleh Hakim PTA NTB, Pejabat Fungsional dan Struktural PTA NTB, KPA Bandung, KPA se Pulau Lombok, KPN Mataram, BNI Syari’ah, Bank Syari’ah Mandiri, Posbakum, dan segenap karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Mataram. Acara pelantikan dan pengucapan sumpah berlangsung khidmat karena satu hari sebelumnya telah dipersiapkan dengan semaksimal mungkin dibawah manajerial sekretaris PTA NTB Misnudin, S.H. M.H., dan Kepegawaian PTA NTB yang berkolaborasi dengan Tim yang ada di PA Mataram.

             

Usai acara pelantikan dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari KPA Mataram yang sebelumnya Bapak Yusuf Effendi, S.H., yang telah genap 2 tahun mengabdikan diri di PA Mataram diserahkan secara simbolis kepada KPA yang baru dilantik Bapak Drs. Kausar Anhar, S.H. Selain serah terima jabatan, dalam kesempatan tersebut Bapak Yusuf Effendi juga melakukan serah terima sebagai Ketua Koordinator KPA sepulau Lombok Kepada KPA Selong Bapak Drs. Akhmad Abdul Hadi, SH., M.H.

 


            Dalam kesempatan tersebut, KPTA NTB menyampaikan pembinaan dan pengarahan. Beliau menyampaikan ucapan selamat kepada KPA Mataram yang baru saja dilantik dan menyampaikan selamat jalan dan bertugas ke tempat yang baru kepada Bapak Yusuf Effendi, S.H., yang kini telah mutasi menjadi WKPA Bandung. lebih lanjut KPTA NTB memaparkan tentang pengaplikasian system manajemen dalam Peradilan secara umum dan khususnya peradilan Agama. Beliau menegaskan bahwa Peradilan Agama itu harus mampu menjadi agen of change (pembawa perubahan), karena perubahan merupakan tantangan yang harus dijawab dan diatasi oleh peradilan, mengingat perkembangan teknologi saat ini pengadilan agama tidak akan bisa lepas ataupun mengabaikan kebutuhan dari stake holder (pemangku kepentingan) yang terkait dengan relationship dalam mendapatkan informasi dan pelayanan yang dibutuhkan, terlebih lagi saat ini sebagian besar Pengadilan Agama telah sukses meraih SAPM, dan kini telah dilengkapi lagi dengan hadirnya program PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) yang menyediakan ruang pelayanan satu pintu yang representative yang mencakup semua jenis layanan yang ada dan disediakan oleh Peradilan Agama.

 

            Acara pelantikan dan pengucapan sumpah dan serah terima jabatan berakhir dengan pemberian ucapan selamat kepada KPA Mataram yang baru dilantik dan pemberian tali asih kepada Bapak Yusuf Effendi yang mutasi menjadi WKPA Bandung, dan acara ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin oleh Hakim PA Mataram Drs. Muhammad, M.H.