Laporan Hasil Pengawasan

RESUME HASIL PENGAWASAN PENGADILAN TINGGI AGAMA MATARAM TAHUN 2012

PA Mataram

I. Manajemen Peradilan  
 
  1. Hawasbid sudah berjalan, namun belum ada laporan hasil pemeriksaannya yang dilaporkan ke Wakil Ketua sebagai Koordinator Pengawas.
  2. Uraian tugas/JobDescription telah dibuat, namun dalam pelaksanaan tugasnya belum berjalan maksimal.
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Konsideran PMH, Penunjukan PP dan PHS, belum berpedoman pada Standarisasi Formulir Administrasi Kepaniteraan yang baru.
  2. Pada perkara BAP amar putusan tidak sama dengan  di relaas PBT.
  3. Masih ada BAP yang  tidak diberi nomor halaman.
  4. Masih ada pemberkasan yang tidak mengikuti kronologis.
  5. Pasal 84 ayat (1) UU No.7 tahun 1989 masih beda pendapat Majelis Hakim pada perkara Cerai Talak  antara masuk pada pertimbangan hukum putusan dan penetapan ikrar talak.
  6. Masih dijumpai Sistimatika putusan yang bebeda.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Pemakaian meterai pada perkara  Cerai Talak dalam jurnal 2 buah, dalam SK biaya proses 1 buah.
  2. Pengelolaan biaya ATK tidak dirinci dalam SK dan pembukuannya belum rapi.
  3. Pengembalian sisa panjar biaya perkara belum dibuatkan buku bantu.
  4. Perkara Isbat Nikah masih ada yang dicatat pada buku register induk gugatan.
  5. Masih dijumpai dalam buku register maupun jurnal yang tidak konsisten dalam pemakaian cap stempel dinas yang terdapat tanda tangan Ketua.
 
     
IV. Administrasi Umum  
 

Kepegawaian

  1. Bagan Struktur Organisasi belum mempedimani SEMA No.5 tahun 1996.
  2. Masih terdapat pegawai yang belum memiliki Karsu.
  3. Daftar hadir finger scan tidak berfungi.

 Keuangan

  1. Program kerja pengelolaan keuangan belum dibuat.
  2. Pengelolaan biaya perkara prodeo yang ada dalam DIPA belum dibuatkan buku bantu.

 Umum

  1. Petugas tata persuratan hanya seorang dan merangkap sebagai Jurusita Penggnati.
  2. Pengolahan surat tidak menggunakan kartu kendali.

Inventaris SIMAK BMN

  1. DBR tidak lengkap
  2. Pengelolaan barang persedian tidak dibuatkan buku bantu yang dilengkapi dengan intrumen.
  3. Neraca tahun 2011 terdapat asset tetap yang tidak digunakan dalam operasi pemerintahan sebesar Rp. 114.995.902,- kondisi rusak, belum diusulkan untuk penghapusan.

Perpustakaan

  1. Ruang perputakaan dipakai sebagai ruang mediasi.
  2. Pengelolaan perpustakaan belum berjalan karena petugasnya merangkap Jurusita Pengganti.

Pengadaan Barang dan Jasa

  1. Dokumen pengadaan tahun 2012 terdapat kekeliruan, tidak singkron antara harga penawaran, owne estimate dan harga negosiasi serta pembayaran pada rekanan.
 
     
V. Pelayanan Publik  
 
  1. Ruang tunggu untuk sidang masih di koridor.
  2. Pengaduan masih ditangani oleh Wakil  Ketua.
  3. Ruang mediasi masih menggunakan  ruang perpustakaan.
 
     

PA Giri Menang

I. Manajemen Peradilan  
 
  1. Ruang informasi belum ada.
  2. Ruang mediasi belum ada.
  3. Program kerja belum dibuat
  4. Hawasbid sudah berjalan, namun hasilnya tidak dilaporkan ke PTA
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Dalam perkara No. 32/Pdt.P/ 2011/PA.GM, Isbat Nikah, dalam amar putusan sela menyatakan “memerintahkan Panitera/Sekretaris untuk mencairkan biaya DIPA sebesar Rp.251.000 untuk penyelesaian perkara ini”.
  2. Terdapat perbedaan amar yang tertulis pada BAP, register dan penetapan sbb :

Pada BAP dan Register

  1. Mengabulkan permohonan Para Pemohon.
  2. Menyatakan sah nikah Pemohon I dengan Pemohon II yang dilangsungkan pada di wilayah hukum  KUA Kec. Gunung Sari.
  3. Memerintahkan Panitera PA.Giri Menang untuk menyampaikan salinan penetapan ini kepada KUA Kec. Gunung Sari untuk dicatat pada buku yang khuhus disediakan untuk kepentingan tersebut.

Pada Penetapan

  1. -Menyatakan Para Pemohon yang telah dipanggil secara resmi dan patut, tidak hadir.
  2. -Menyatakan permohonan Para Pemohon gugur.

Perkara 522/Pdt.P/2011/PA. GM, Isbat Nikah

  1. PHS dan relaas, sidang hari Kamis, 18 Agustus 2011, dalam BAP sidang Senin, 22 Agustus 2011, putusannya tanggal 18 Agustus 2011, sama dengan register.
  2. Perkara 353/Pdt.P/2011/PA. GM, Isbat Nikah
  3. -Relaas panggilan, hari dan tanggal panggilan kosong serta , hanyaketerangan bertemu/tidak bertemu dengan pihak juga kosong, padahal ada tanda tangan pihak yang dipanggil.
  4. - Relaas panggilan yang ke II Jurusita Pengganti tidak tanda tangan.

Perkara 145/Pdt.G/2011/PA. GM, Pembatalan Nikah.

  1. Dalam surat gugatan, Kepala KUA diposisikan sebagai Tergugat III, tetapi dalam BAP sebagai saksi I.
  2. Panitera Pengganti kurang teliti dalam format penulisan BAP dan sebelum minutasi tidak di cek kembali berkasnya.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Petugas register lalai dalam melaksanakan tugasnya, sehingga banyak dijumpai kolom-kolom kosong, padahal perkara sudah BHT, dijumpai pada register induk perkara gugatan, register permohonan, register banding, register kasasi, register PK, register eksekusi, register akta cerai dan register mediasi.
  2. Intrumen tidak berjalan yang mengakibatkan petugas register kesulitan untuk menghubungi Panitera Pengganti sehingga masalah penundaan sidang dan lainnya terlambat ditulis.
  3. Masih dijumpai Akta Cerai yang dikeluarkan lebih dari 1 bulan setelah BHT.
  4. Masih banyak ditemukan jurnal yang belum ditutup, padahal perkara sudah putus, bahkan sudah dikeluarkan sisa panjar.
  5. Pada pekara 157/Pdt.G/ 2011/PA.GM, ada tambahan biaya perkara yang tidak tercatat, sehingga lebih besar sisa daripada panjar.
  6. Masih dijumpai uang biaya proses lebih dari Rp. 10.000.000,- tidak disimpan pada Bank, bahkan dibawa pulang ke rumah.
  7. Masih dijumpai pengetikan putusan yang belum standar.
  8.  Berkas-berkas perkara tahun 2011 dan awal tahun 2012 tidak disimpan dalam Box arsip berkas.
  9. Arsip-arsip berkas belum tertata rapi sesuai pola bindalmin dan tidak punya buku kendali serta buku pinjaman.
 
     
IV. Administrasi Umum  
 

Kepegawaian

  1. Program kerja kepegawaian belum dibuat.
  2. SOP (standart operating prosedur) belum dibuat.
  3. Uraian Tugas/Job Discription telah dibuat, namun dalam pelaksanaan tugasnya belum berjalan maksimal.
  4. Buku kendali kepegawaian belum lengkap.
  5. Aplikasi SIMPEG belum jalan.
  6. Daftar hadir hanya menggunakan absensi manual.
  7. Absensi pulang kantor sejak bulan oktober 2011 hingga  bulan Maret 2012 paling banyak 32 orang dari 40 orang pegawai.

Umum

  1. Program kerja urusan umum belum dibuat.
  2. Kuasa Pengguna Anggaran/ Panitera/ Sekretaris telah membuat surat penunjukan pemakaian barang barang milik Negara dengan pemakaian dobel (Ketua memakai mobil dan motor, Pansek memakai mobi dan motor, Wasek memakai mobil dan motor, Kaur Umum memakai 2 unit motor).
  3. Belum ada pemerataan bagi pejabat kepaniteraan dan kesekretariatan sesuai kebutuhan dan beban kerja yang memakai pasilitas BMN.
  4. DBR belum bisa tertata rapi karena kantor masih direnovasi.
  5. Ruang perpustakaan masih belum ada,buku-buku perpustakaan masih disimpan pada lemari dan gudang.

Keuangan

  1. Program kerja urusan keuaangan belum dibuat, yang ada hanya jadwal pelaksanaan pencairan anggaran.
  2. Wakil Sekretaris/PPK belum memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah, sesuai ketentuan Perpres 54 tahun 2010 pasal 12 ayat (2) huruf g .
  3. Pengakatan pejabat pengelola keuangan tahun anggaran 2012 perlu ditinjau kembali karena menyalahi ketentuan, seperti bendahara masih CPNS dan Kasir serta operator SIMPEG/ SAPK.
  4. Penanganan administrasi umum masih perlu keccermatan dan ketelitian dalam pengelolaannya, terutama masalah inventaris dan keuangan.

Kepegawaian

  1. Semua buku kendali sudah ada, cuma buku kendali pension belum dibuat.
  2. Data/papan untuk pejabat belum ada.
  3. Daftar hadir masih memakai manual, masih dijumpai dalam absensi daftar hadir maupun pulang pegawai yang tidak  mengisi absen.
  4.  Masih dijumpai hasil rekap daftar hadir tiap bulan tidak singkron dengan kehadiran tiap hari.
  5. Masih dijumpai pegawai yang terlambat datang maupun cepat pulang tidak ada catatan untuk potongan uang kinerja.

Keuangan

  1. Surat keputusan penunjukan PPK tidak dibuat karena wakil sekretaris idak memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah.
  2. Program kerja pengelolaan keuangan belum dibuat.
  3. BKU masih dibuat secara manual, belum menggunakan format excel.
  4. SPJ belanja barang/ rutin, kwitansi riil tidak ada, hanya kwitansi formal.
  5. SP2D khusus untuk uang makan, rekap daftar hadir tiap bulan tidak dilampirkan sebagai bukti perhitungan uang makan.

Umum

  1. Petugas tata persuratan hanya satu orang dan juga sebagai Jurusita Pengganti.
  2. Pengolahan surat telah menggunakan kartu kendali, namun tidak dipungsikan.

Inventaris SIMAK BMN

  1. Penerbitan surat ijin pemakaian Laptop belum dibuat.

Perpustakaan

  1. Ruang perpustaan ada, namun dipungsikan sebagai ruang PP.
  2. Pengelolaan perpustakaan belum berjalan dan buku-buku masih disimpan pada ruangan umum.

Kebersihan dan Keamanan

  1. Kebersihan seluruh ruangan masih kurang, termasuk kamar mandi/wc.
  2. Penataan ruangan secara keseluruhan belum rapi.
 
     
V. Pelayanan Publik  
   
     

PA Praya


I. Manajemen Peradilan  
 
  1. Hawasbid telah berjalan, namun belum dibuatkan laporan secara lengkap untuk disampaikan kepada Wakil Ketua sebagai Koordinator Pengawasan.
  2. Tim pengelola meja informasi telah berjalan, namun ruangan yang disediakan kurang memadai, sehingga petugasnya jarang di tempat.
  3. Penunjukan Hakim sebagai Mediator telah berjalan, namun belum ada ruangan khusus mediasi.
  4. Pengelola Tim TI telah berjalan, namun belum memiliki ruangan masih gabung dengan meja I.
  5. Rapat-rapat lengkap secara berkala belum pernah dilakukan, sehingga catatan hasil rapat yang perlu ditindaklanjuti bukunya tidak ada.
  6. SK panjar biaya perkara sudah ada di papan pengumuman, namun tidak terbaca.
  7. SOP bidang Kepaniteraan dan Sekretariatan  sudah ada, namun belum sepenuhnya dilaksanakan.
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
    1. Pada perkara cerai talak maupun cerai gugat masih banyak yang tidak menulis amar putusan yang berkaitan dengan perintah pasal 84 UU  No 7 tahun 1989, ada yang menulis tapi tidak dipertimbangkan dalam pertimbangan hokum.
    2. Masih terdapat ketidak seragaman penetapan perkara yang dicabut.
    3. Masih terdapat amar putusan perkara perceraian mengenai biaya perkara menulis “Menghukum”.
    4. Masih terdapat amar putusan perkara yang digugurkan berbeda-beda.
    5. Dalam amar putusan ditetapkan  sebuah cidomo dan seekor kuda sebagai harta bersama, ditetapkan bagian penggugat dan tergugat sama-sama separohnya.
    6. Pembacaan putusan masih dilakukan berupa amarnya saja.
    7. Masih banyak panitera pengganti yang tidak menyelesaikan BAP sebelum sidang berikutnya.
    8. Masih dijumpai BAP yang tidak diberi nomor halaman sampai sidang terakhir.
    9. Masih dijumpai panitera pengganti yang tidak teliti dalam menulis BAP berdasarkan fakta peristiwa yang terjadi.
    10. Masih dijumpai keterangan saksi-saksi dalam BAP sama persis antara saksi yang satu dengan yang lain.
    11. Selama tahun 2011 terdapat 26 perkara yang diputus lebih dari 6 bulan tidak dilaporkan ke MA.
 
     
III. Bindalmin  
 
    1. Masih dijumpai petugas register yang kurang cermat dan  berhati-hati dalam menulis  yang sesuai dengan fakta kejadian peristiwa.
    2. Masih dijumpai kolom-kolom register yang kosong  belum ditulis.
    3. Masih dijumpai akta cerai dikeluarkan lebih satu bulan  dari sejak putusan BHT.
    4. Masih dijumpai keuangan perkara pada akhir bulan Juni 2011 dengan saldo Rp. 38.866.924. disimpan dalam kas semua, tidak ada yang disimpan pada Bank.
 
     
IV. Administrasi Umum  
 

Kepegawaian

  1. Semua buku kendali sudah ada, cuma buku kendali pension belum dibuat.
  2. Data/papan untuk pejabat belum ada.
  3. Daftar hadir masih memakai manual, masih dijumpai dalam absensi daftar hadir maupun pulang pegawai yang tidak  mengisi absen.
  4.  Masih dijumpai hasil rekap daftar hadir tiap bulan tidak singkron dengan kehadiran tiap hari.
  5. Masih dijumpai pegawai yang terlambat datang maupun cepat pulang tidak ada catatan untuk potongan uang kinerja.

Keuangan

  1. Surat keputusan penunjukan PPK tidak dibuat karena wakil sekretaris idak memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah.
  2. Program kerja pengelolaan keuangan belum dibuat.
  3. BKU masih dibuat secara manual, belum menggunakan format excel.
  4. SPJ belanja barang/ rutin, kwitansi riil tidak ada, hanya kwitansi formal.
  5. SP2D khusus untuk uang makan, rekap daftar hadir tiap bulan tidak dilampirkan sebagai bukti perhitungan uang makan.

Umum

  1. Petugas tata persuratan hanya satu orang dan juga sebagai Jurusita Pengganti.
  2. Pengolahan surat telah menggunakan kartu kendali, namun tidak dipungsikan.

Inventaris SIMAK BMN

  1. Penerbitan surat ijin pemakaian Laptop belum dibuat.

Perpustakaan

  1. Ruang perpustaan ada, namun dipungsikan sebagai ruang PP.
  2. Pengelolaan perpustakaan belum berjalan dan buku-buku masih disimpan pada ruangan umum.

Kebersihan dan keamanan

  1. Kebersihan seluruh ruangan masih kurang, termasuk kamar mandi/wc.
  2. Penataan ruangan secara keseluruhan belum rapi.
 
     
V. Pelayanan Publik  
     
     

PA Selong


I. Manajemen Peradilan  
 
  1. Hawasbid telah melaksanakan tugasnya pada triwulan pertama dan melaporkan hasil pengawasannya secara tertulis, namun kinerjanya hawasbid belum mengacu pada buku IV.
  2. SK panjar biaya perkara masih didasarkan pada SK Ketua PA. Selong tahun 2010.
  3. Pengawasan dan pelaksanaan sidak keuangan perkara dan
  4. Keuangan DIPA tidak pernah dilakukan secara berkala.
  5. Hasil pengawasan Hatiwasda tahun 2011 sebagian besar belum ditindaklanjuti.
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Masih dijumpai Panitera Pengganti  yang kurang teliti memperhatikan administrasi persidangan, dari PMH, Penunjukan PP dan Jurusita Pengganti dan PHS, belum mempedomani Standart Administrasi perkara yang terbaru.
  2. Ketua PA. Selong belum membentuk Majelis khusus untuk menangani perkara tertentu, seperti Perkara ekonomi syari’ah.
  3. Ketua Majelis dalam menentukan hari sidang dalam PHS ada yang belum mempertimbangkan kepatutan jarak tempat tinggal para pihak yang hubungannya dengan panggilan tabayyun, minta bantuan ke PA Praya dengan waktu 19 hari untuk sidang pertama dihitung sejak pendaftaran.
  4. Pemeriksaan perkara Verzet terhadap perkara No.774/ Pdt.G/2011/PA.SEL, semestinya dimulai dari awal dan proses pemeriksaannya dengan acara biasa.
  5. Dalam putusannya isi  surat permohonan verzet, tidak dimuat dalam duduk perkaranya dan dalam pertimbangan hokum tidak ada sub konvensidan rekonvensi, tapi dalam amar ada  sub konvensi dan rekonvensi.
  6. Bunyi amarnya kontradiksi sbb

Dalam konvensi

  1. Menyatakan bahwa perlawanan Pelawan/Termohon tidak tepat dan tidak cukup beralasan.
  2. Menyatakan Pelawan  adalah Pelawan yang tidak benar.
  3. Mempertahankan putusan verstek No774/Pdt.G/2011/PA Sel, tanggal….

Dalam rekonvensi

  1. Mengabulkan gugatan Pelawan/Penggugat rekonvensi/ Termohon konvensi.
  2. a

  3. Menghukum Terlawan/ Tergugat rekonvensi/ Pemohon konvensi untuk membayar…..dst.

Perkara No 24/Pdt.G/2011/ PA.Sel,  putus dengan perdamaian, namun amarnya tidak lengkap karena tidak menyebutkan akta perdamaian yang dijadikan dasar hukum putusan. Tanggal berapa akta dibuat, apa isi perdamaiannya, bunyinya hanya “Menghukum Penggugat dan Tergugat untuk melaksanakan perdamaian tersebut secara sukarela”

  1. Masih dijumpai amar isbat nikah yang tidak seragam.
  2. Hampir semua amar pelaksanaan pasal 84 ayat (1) tersebut pada perkara cerai gugat dan cerai talak memakai kata Kepada Kantor Urusan Agama.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Buku register pada PA Selong belum lengkap.
  2. Dalam pengisian buku register banyak ditemui kolom-kolom yang masih kosong padahal perkaranya sudah BHT.
  3. Masih dijumpai penulisan pada kolom-kolom register induk gugatan yang salah kolom, akibat kurang teliti.
  4. Banyak dijumpai berkas  hanyaperkara banding yang dikirim melebihi 1 bulan.
  5. Masih dijumpai penulisan yang berbeda pengeluaran keuangan pada jurnal dengan pada induk keuangan perkara.
 
     
IV. Administrasi Umum  
 

Kepegawaian

  1. Masih belum membuat buku kendali surat masuk/surat keluar kepegawaian dan buku kendali diklat penjenjangan.
  2. Absensi dengan menggunakan finger print dan manual, namun yang digunakan hanya absen manual saja, karena finger printnya rusak.
  3. Masih dijumpai pegawai yang belum memiliki karis dan karsu.
  4. Ada pegawai atas nama Baiq Suharti, SH yang menerima KGB sekali dalam 4 tahun.

Keuangan

  1. Realisasi anggaran DIPA 01 belanja pegawai 21.92%, belanja barang 26,71% dan belanja modal 0%.
  2. SPJ untuk DIPA 04 pertanggungjawaban pada perkara prodeo tidak dilampirn dengan perincian angka biaya prodeo.

Umum

  1. Petugas tata persuratan dan pengarsipan hanya seorang yang menangani dari menerima surat, mengolah, mengarsipka dan mengirim ke Kantor Pos.
  2. Petugas pengolah persuratan tidak memiliki buku kendali surat masuk untuk memilah, surat biasa, surat penting dan surat rahasia.
  3. Masih dijumpai surat dinas yang ditandatangani oleh Ketua maupun Pansek yang tidak diparaf oleh pejabat terkait.

Inventaris SIMAK BMN
-Gedung kantor belum memiliki IMB
-PA.Selong belum mengusulkan status BMN.
-Pengolahan ATK belum dilengkapi dengan buku bantu dalam pendistribusian barang.
Pengadaan Barang dan Jasa

  1. Dalam dokumen pengadaan kendaraan dinas roda 4, dalam berita acara serah terima barang masih menggunakan kop dan nomor surat kantor PA.Selong
  2. Dalam dokumen laporan pekerjaan pengawasan pembangunan PA. Selong tahap I semua berkas belum ditandatangani oleh Pengelola Teknik Proyek.

Perpustakaan

  1. Pengelolaan perpustakaan belum tertata rapi sesuai dengan peraturan.
 
     
V. Pelayanan Publik  
 
  1. Petugas jaga Satpam belum ada tempat khusus hanya masih menempati teras depan.
  2. Publikasi putusan/anonimasi belum bisa ditampakkan sesuai dengan putusan yang ada.
  3. Penanganan TI pada PA. Selong terkendala SDM.
 
     

PA Bima


I. Manajemen Peradilan  
  Pengawasan dan Pembinaan oleh KPA Bima dan HAWASBID pernah dilaksanakan akan tetapi belum maksimal, demikian juga dengan pertemuan berkala bulanan, triwulan dan semesteran belum pernah dilaksanakan secara terjadwal  
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Penetapan Majelis Hakim telah dibuat dan ditandatangani oleh KPA demikian juga dengan Surat Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita Pengganti hanya saja belum disetempel Dinas ;
  2. Pertanyaan pertanyaan Majelis Hakim dalam persidangan terlalu panjang sehingga tidak menggali fakta kejadian yang sebenarnya, demikian juga dalam hal gugatan rekonpensi timbul dari Majelis Hakim sendiri.
  3. Kurang kehati-hatian dalam pembuatan Berita Acara Persidangan dan ketidak cermatan sebagai mediator sehingga berpengarau pada laporan mediator;
  4. PMH, PHS , Surat Penugasan PP dan surat-surat sebagai bukti  dipersidangan belum dinagsegelen   sesuai dengan ketentuan  yang berlaku
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Dalam Prosedur penerimaan perkara sudah berjalan degan baik hanya saja pemugutan biaya peroses tidak sama, besarnya berpariasi mulai dari Rp 50.000,- sampai Rp 150.000,-
  2. Dalam Penulisan buku register belum cermat sehingga ditemukan perkara permohonan ditulis pada register Gugatan
 
     
IV. Administrasi Umum  
 
  1. Pada umumnya pada   bagian kepegawaian telah berjalan dengan baik hanya saja ada beberapa bagian yang belum dilengkapi seperti:
    • File Kepegawaian  belum dibuatkan daftar isi;
    • Jobdiskription belum ditempel pada meja masing-masing;
    • Beberapa Pegawai yang tidak biasa naik pangkat;
    • Belum adanya beberapa buku kendali dikepegawaian seperti kendali cuti dii dan buku catatan penilaian atasan terhadap bawahan;
  2. Pada umumnya pada bagian keuangan telah berjalan dengan baik hanya saja ada beberapa bagian yang belum dilengkapi seperti:
    • Struktur organisasi keuangan dan Papan jadwal kegiatan rencana pencairan anggaran dan realisasi belum ada;
    • Beberapa karyawan belum menandatangani daftar tanda terima gaji.dan SOP belum dibuat;
    • Proses pencairan belanja Barang masih menggunanakan aturan lama dan pencairan uang harian dan transportasi perjalana Dinas tidak sesuai standar biaya umum
  3. Pada umumnya pada   bagian Umum  telah berjalan dengan baik hanya saja ada beberapa bagian yang belum dilengkapi seperti:
    • SOP tata persuratan, SOP perlengkapan dan penetapan status penggunaan BMN belum dibuat
    • Ruangan perpustakaan dan Pengelolaan perpustakaan perlu dibenahi dan dsempurnakan
    • Dokumen Pengadaan baramg dan jasa baik belanja Barang dan belanja Modal belum dijilid dengan rapi
    • Perawatan Gedung kantor perlu mendapat perhatian dan olah raga perlu ditingkatkan.
 
     
V. Pelayanan Publik  
  Penataan ruang tunggu bagi pencari keadilan belum tertata dengan baik dan Meja Informasi masih menjadi satu dengan ruang pemohonan dan gugatan sehingga terkesan kurangnyaman dan presentatif bagi pencari keadilan.  
     

PA Dompu


I. Manajemen Peradilan  
  Manajemen pradilan telah berjalan cukup baik hanya bebarapa hal yang perlu diperhatikan anatara lain bahwa:

  1. Pengawasan internal secara periodik belum dilaksanakan dan hasil dari Hawasbid belum ditindaklanjuti;
  2. SK radius belum mencakup tentang biaya pangilan mediasi;
  3. Rapat berkala unsure pimpinan dan seluruh pegawai secara periodic belum dilaksanakan;
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
  Administrasi Persidangan dan teknis Yustisial telah berjalan cukup baik akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian antara lain:

  • Perlu adanya ketelitian dan kecermatan dalam  pembuatan putusan dan berita Acara persidangan serta pengetikan yang masih monoton;
  • Belum adanya monitoring dalam dari majelis terhadap petugas yang ditunjuk untuk minutasi berkas perkara
  • Produk putusan PA. Dompu masih terdapat pertimbangan hukum terkesan mengambang karena pertimbangan hukum yang belum dituangkan formula pasasl-pasal Hukum formil  atau hukum aacara dalam pertimbangan hukumnya;
 
     
III. Bindalmin  
  Administrasi Perkara (Pola Bindalmin) telah berjalan dengan baik akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian antaqra lain:

  • Kurang teliti  dan kurang cermat dalam penulisan dan menhisian  buku register Kuasa Khusus dan Register induk Gugatan.
  • Masih adanya kekeliruan dan kurang sermat dalam dalam penulisan buku Jurnal keuangan perkara dan pembukuan biaya peroses belum mengacu kepada SEMA no 2 tahun 2009
  • Pengelolaan arsip perkara belum maksimal
 
     
IV. Administrasi Umum  
 
  1. Pada umumnya pada bagian kepegawaian telah berjalan dengan baik hanya saja ada beberapa bagian yang belum dilengkapi seperti:
    • Beberapa Hakim / Ketua tidak bias naik pangkat karena PA Dompu klas II.dan beberapa Pejabat Pungsional dan Struktural yang belum mengikutipelatihan dan  diklat penjenjangan
    • Belum tertata dengan rapi Buku Induk Kepegawaian, tdak adanya buku penilaian dari atasan terhadap bawahan.
  2. Pada bagian keuangan ada beberapa hal yang belum mendapat perhatian anata lain:
    • Peroses pencairan belanja barang tidak sesuai dengan Peraturan Dirjen Perbendaharaan no. 66/PB/2005 dan per- 11/PB/2011
    • Tidak ditlamukan  pertanggungjawaban perjalanan Dinas Pejabat maupun Stap
    • Uang harian dan transportasi perjalanan Dinas tidak sesuai standar biaya umum
  3. Pada bagian Umum ada beberapa hal yang belum mendapat perhatian antara lain:
    • SOP pada bagian umum dan SOP tata persuratan belum dibuat;
    • Inventaris SIMAK BMN perlu  mendapat perhatian dan penyempurnaan;
    • Ruangan perpustakaan agar mendapat perhatian  dan perluditunjuk petugas yang mengelola perpustakaan dan buku Register pengelompokan buku perpustakaan belum ada  serta hanya sebagaian buku yang telah deregister;
    • Kwitansi pembelian   Barang dan Jasa  tidak dilengkapi dengan lampirkan nota atau faktur pembeliannya;
    • Kurang adanya perawatan terhadap gedung kantor PA. Dompu termasuk penataan tempat parkir.
 
     
V. Pelayanan Publik  
 

Dalam kinerja Pelayanan Publik ada beberapa hala perlu mendapat perhatian antara laian:

  1. Tentang SK petugas informasi dan standar permohonan informasi belum lengkap dan Perosedur standar permohonan Informasi belum terpasang dan Perosedur Pengaduan belum ada;
  2. Publikasi Putusan belum maksimal;
  3. SK Biaya perkara tahuan 2012 belum dimuat di Website
 
     

PA Sumbawa Besar


I. Manajemen Peradilan  
  Manajemen Peradilan dan Tehnis Administrasi Peradilan telah berjalan cukup baik hanya bebarapa hal yang perlu diperhatikan anatara lain bahwa:

  1. SOP Surat Penunjukan Petugas Meja belum dibuat dan Perogram Kerja terdapat kesalahan dalam pengetikan nama PA
  2. Pembuatan Surat Gugatan menggunakan Orang Pengadilan Sendiri (Tenaga Honorer)
  3. Belum berfungsinya instrument secara maksimal dan Surat Penugasan Panitera Pengganti dan Jurusita Pengganti belum menggunakan dasar Aturan yang baru
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
  Administrasi Persidangan dan teknis Yustisial telah berjalan cukup baik akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian antara lain:

  1. Beberapa perkara yang telah diminutasi Ketua belum ditandatangani Ketua Majelis seperti Perkara nomor 236/Pdt.G/2011/PA.SUB. 2/Pdt.G/2012/PA.SUB dan 4/Pdt.G/2012/PA.SUB
  2. Panggilan Para pihak yang tidak berada ditempatpemanggilannya  masih diserahkan ke Ketua RT dan Penulisan Kedudukan para pihak masih keliru
  3. Dalam Surat gugatan alamat Tergugat jelas akan tetapi pada panggilan berikutnya Tergugat dipanngil dengan alamat Ghoib padahal da;lam Berita Acara tidak ada;
  4. Cara minutasi dan pemberkasan arsip perkara tahun 2011 belum rapi;
  5. Surat kuasa insidentil tidak dilengkapai dengan data pendukungnya seperti Surat Keterangan Keiuarga, Surat bukti yang telah dinahzegelen oleh Pos tidak dilegilisir oleh Panitera;
  6. Dalam putusan  dalam hal terjadinya perdamaian tidak dicantumkannya kata Demi Kaedilan Berdasar Ketuhanan Yang Maha Esa;
 
     
III. Bindalmin  
  Administrasi Perkara (Pola Bindalmin) telah berjalan dengan baik akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian antaqra lain:

  1. Belum dibuatkan buku Bantu Pengembalian sisa Panjar yang jelas dan rincian penggunaan biaya eksekusi belum direkam dalam buku induk keuangan Perkara secara terperinci;
  2. Belum ada rincian penggunaan biaya Peroses sejumlah Rp 60.000,-
  3. Masih terdapat kekeliruan dan kurang cermat dan teliti dalam Pengisian buku-buku register seperti Buku Register Induk Perkara, Buku Register penytaan ,dan buku Register permohonan Eksekusi;
  4. Penataan arsip tahun 2011 Belum rapi karena masih ditumpuk-tumpuk dan belum dibuatkan Daftar isi lemari arsip dan pada box belum dibuatkan daftara isi box;
  5. Belum ada Penunjukan untuk petugas arsip perkara;
 
     
IV. Administrasi Umum  
  Pada umumnya pada   bagian Keuangan  telah berjalan dengan baik hanya saja ada beberapa bagian yang belum dilengkapi:

  1. Beberapa buku bantu keuangan yang perlu dilengkapi;
  2. Belum lengkap surat pertanggungjawaban Perjalanan Dinas  dan Peruntukan pembayanan tenaga honorer tidak sesuai di DIPA dengan kenyataanya.

Pada bagian umum ada beberapa hal yang belum mendapat perhatian anata lain

  1. Kode surat masih menggunanakan kode surat yanag lama  dan surat yang masuk di ruangan arsip dijadikan satu dengan lembar disposisinya;
  2. Buku Inventaris Intra Kontable, Ekstra Kantable maupun Kartu Inventaris Barang (KIB) tidak ada tersedia
  3. Buku Induk perpustakaan belum diisi dengan lengkap; sehingga jumlah buku perpustakaan dapat terbaca dan belum ditunjukkan petugas arsip pada bagian umum PA Sumbawa;

Pada bagian Kepegawaian ada beberapa hal yang belum mendapat perhatian anata lain

  1. Buku Induk Pegawai dan Buku Kendali urusam Kepegawaiansudah ada hanya belum diisi secara cermat dan lengkap
  2. Statistik Pegawai PA Sumbawa belum ada sedangkan Papan Struktur Organisasi . Papan nama Pejabat Data SIMKEP sudah ada akan tetapi belum terisi dengan lengkap
  3. Persyaratan usul kenaikan pangkat belum mengacu pada surat Dirjen Badilag nomor 1950 tahun 2008 dan termasuk Surat Keputusan Penunjukan Baperzakat masih mengcu pada aturan lama;
  4. Belum berlaku masksimat instrument Surat ijin keluar masuk kantor dan belum adanya buku catatan penilaian atasan kepada bawahan;
 
     
V. Pelayanan Publik  
  Asesoris ruangan sidang belum ada seperti Gorden
Lingkungan kantor seperti kamar mandi/Toilet belum terurus dan halaman kantor belum tertata rapi.
 
     

PA Taliwang


I. Manajemen Peradilan  
  Manajemen pradilan dan Tehnis Administrasi Peradilan telah berjalan dengan  baik hanya bebarapa hal yang perlu diperhatikan anatara lain bahwa:

  1. Job description, Struktur Organisasi dan SK Hatiwasbid telah dibuat akan tetapi belum dilaksanakan dengan maksimal
  2. Pengawasan belum dikaksanakan sesuai dengan petunjuk Buku IV edisi revisi tahun 2007
  3. Belum pernah dilakukan eksaminasi putusan oleh Ketua terhadap putusan yang telah BHT
  4. Pengawasan belum dilakukan secara maksimal
  5. Anggota telah ada PMH baru akan tetapi tidak dicantumkan dalam BAP

 

 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
  Administrasi Persidangan dan teknis Yustisial telah berjalan cukup baik akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian antara lain

  1. Dalam pemuatan PMH masih menngunakan Undang-undang kekuasaan Kehakiman
  2. Anggota telah ada PMH baru akan tetapi tidak dicantumkan dalam BAP
  3. Dalm BAP relass panggilan melalui Desa tidak dicantumkan nama pejabat yang akan menyampaikan relaas tersebut;
  4. Dalam BAP pertama   dimana kedua belah pihak hadir tidak dicantumkannya amar penetapan mediatornya; dan cara penulisan kalimat tidak merujuk kepada pasal 14 PERMA nomor 1 tahun 2008;
  5. Alat bukti tidak dilegalisir oleh Panitera
  6. Amar Penetapan perkara permohonan Pengesahan Nikah Masih ada yang berbunyi mengisbatkan pernikahan Pemohon I dengan Pemohon II…..
  7. Berita Acara Sidang belum diketik sampai sidang berikutnya demikian juga dengan putusan
  8. Pada salinan putusan tidak bibuat catatan kaki;
  9. Pemeriksaan putusan kurang sistimatis, terkadang agak berbelit-belitdan agak susah difahami dengan logika hukum;
  10. Dalam berkas perkara tidak ada Berita Acara persidangannya yang memuat bunyi amar putusan yang dibacakan oleh Ketua Majelis.
 
     
III. Bindalmin  
  Administrasi Perkara telah berjalan dengan baik tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara Lain:

  1. Register Induk Perkara tidak diisi dengan lengkap
  2. Pengeluaran akta Cerai yang telah berkekuatan hukum tetap tidak perlu menunggu permintaan dari para pihak
  3. Register Akte Cerai belum diisi dengan lengkap,
 
     
IV. Administrasi Umum  
 

Ada beberapa hal yang diperhatikan dalam urusan umum anatara lain:

  1. Urusan umum hanya mempunyai seorang setap
  2. Ptugas tidak memiliki buku kendali sehingga Surat yang masuk tidak diketahui berapa surat penting dan surat biasa disamping itu pula surat tidak dilampiri kartu kendali;
  3. Surat yang langsung dsampaikan  keinstansi lain penerimaannya tidak dicatat dalam buku expedisi;
  4. Dokumenpenting yang seharusnya disimpan di urusan umum disimpan dibagian Keuangan;
  5. Kendaraan bermotor masih atas nama Pengadilan Tinggi Agama Mataram;
  6. Untuk ATK petugas belum memiliki buku bantu pengeluarkan/pendistribusian;
  7. Sisa Barang ATK yang ada tidak sesuai dengan catatan dalam aplikasi barang persediaan karena petugas belum sempat mengeluarkan ATK yang sudah didistribusikan dari aflikasi barang persediaan;

Pada bagian Kepegawaian ada beberapa yang perlu mendapat perhatian antara lain:

  1. Belum ada kendali surat masuk dan keluar di Kepegawaian PA Taliwang
  2. Absen Elektronik belum pernah digunakan
  3. Buku Induk Pegawai dan Papan nama Pejabat yang ada belum ditulis dengan lengkap
  4. Beberapa pegawai belum mempunyai Karis dan Karsu;

Ada Pegawai tidak menerima KGB setiap dua tahun akan tetapi empat tahun sekali;

 
     
V. Pelayanan Publik  
 

Dalam kinerja Pelayanan Publik ada beberapa hala perlu mendapat perhatian antara laian:

  1. Pengadilan Agama Taliwang belum memiliki kantor sendiri
  2. Ruang sidang yang ada belum presentatif ruang tunggu belum tersedia pasilitas pendukung
  3. PA Taliwang belum mempunyai Website sehingga belum dapat mempubliksasi putusan
 
     

PA Denpasar


I. Manajemen Peradilan  
 
  1. Hasil Pengawasan Hatiwasda 2011 sebagian belum ditindaklanjuti
  2. Inpeksi ke bidang keuangan 3 bulanan dan tutup tidak dilakukan.
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Berita Acara tidak ada halaman.
  2. SK Panjar biaya perkara belum diperbaharui.
  3. Soal istilah Penggugat dan Pemohon masih keliru.
  4. Soal terbuka dan tertutup pada penundaan sidang.
  5. Soal penetapan PMH masih hanya menyebut pasal 11 ayat (2) UU No.48/2009, mestinya juga ayat (1).
  6. Masih beda-beda antara putusan dan register.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Soal pencoretan dalam register tanpa paraf.
  2. Antara relaas panggilan dan buku induk keuangan tidak sama.
  3. Minutasi belum mengacu SEMA 14/2010.
 
     
IV. Administrasi Umum  
 
  1. SIMPEG tidak berfungsi.
  2. Perlu penambahan Hakim.
  3. Pemeriksaan keuangan tidak ada berita acaranya.
  4. Hampir semua belanja barang tidak ada kwitansi dan ada yang tidak bermeterai.
  5. Pengajuan SPM ke penguji SPP belum ada, Lembaran/ format.
  6. Pembayaran honor belum ditandatangani
  7. pejabat terkait, begitu juga uang makan
  8. SPPD tidak diisi tempat tujuan.
 
     
V. Pelayanan Publik  
  Relatip baik  
     

PA Badung


I. Manajemen Peradilan  
 
  1. Sudah ada SOP, tapi belum lengkap seperti SOP panggilan.
  2. Belum ada SOP Hawasbid.
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. SKUM tidak mengacu pada buku II edisi tahun 2010.
  2. Masih menggunakan “menasehati” bukan “mendamaikan”.
  3. Hakim dalam sidang pertama masih mendamaikan, mestinya mengacu Perma No 1/2008.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Penerimaan perkara belum gunakan SIADPA
  2. Tidak ada intrumen keuangan
  3. Buku sisa panjar belum ada
 
     
IV. Administrasi Umum  
 
  1. Belum ada SOP untuk bagian keuangan.
  2. Belum ada tindak lanjut laptop yaang hilang tahun 2011.
  3. Pengadaan alat pengelola data tahun 2011 belum ada HPSnya dan pejabatnya belum bersertifikat.
 
     
V. Pelayanan Publik  
  Belum ada SK Ketua Pengadilan Agama tentang meja informasi
dan jenis-jenis layanan yang diberikan.
 
     

PA Tabanan


I. Manajemen Peradilan  
  Hawasbid telah dibentuk dan bekerja, dan hasinya dilaporkan ke Ketua Pengadilan Agama untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Dalam beberapa perkara yang ditangani Majelis Hakim ada hal-hal teknik pertanyaan tidak tajam dan tidak mengarah
  2. Soal adanya perbedaan amar BAP dengan putusan.
  3. Soal lafaz sumpah yang tidak lengkap.
  4. Pemeriksaan perkara tidak fokus.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Penerimaan perkara masih dirangkap oleh staf.
  2. Pembuatan gugatan masih dibuatkan oleh staf.
  3. Register masih ditanda tangani oleh petugas register, mestinya Panitera.
 
     
IV. Administrasi Umum  
     
     
V. Pelayanan Publik  
     
     

PA Gianyar


I. Manajemen Peradilan  
 
  1. Job diskription belum dibuat untuk masing-masing pegawai.
  2. SK Hawasbid telah dibuat, namun belum berjalan untuk dilaporkan hasilnya.
  3. Belum pernah dilaksanakan rapat evaluasi yang dijadwalkan secara berkala.
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Masih belum dijumpai daftar Majelis Hakim yang dibuat jadwal tetap.
  2. Majelis Hakim belum ada jadwal sidang tetap.
  3. Daftar urut senioritas Hakim belum dibuat.
  4. Relaas panggilan pertama untuk Tergugat tidak dilampirkan dengan gugatan, pada perkara No 01/Pdt.G/ 2012/PA.GIA
  5. Dalam gugatan tercantum permohonan hadhonah, tapi dalam pertimbangan hokum dan amar putusan tidak ada.
  6. Penulisan Berita Acara masih belum relevan dengan kejadian yang sebenarnya.
  7. Masih dijumpai pembuatan putusan yang tidak sistimatis.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Petugas meja I ditangani oleh Panmud Gugatan dan Kasir ditangani oleh Wapan,karena kurangnya karyawan.
  2. Uang perkara tidak disimpan pada brang kas, namun dibawa pulang.
  3. Masih dijumpai petugas meja I, meja II dan meja III pada satu ruangan di kepaniteraan.
  4. Petugas register masih belum mempedomani Buku II edisi revisi 2010.
  5. SK. biaya proses belum dibuat, yang ada hanya SK Tim pengelola biaya proses.
  6. Belum memiliki ruang arsip perkara, sehingga arsip masih gabung dengan yang lain.
 
     
IV. Administrasi Umum  
 
  1. SOP sudah dibuat, namun belum berjalan sebagaimana mestinya.
  2. Aplikasi SIMPEG tidak berjalan.
  3. Absensi masih memakai manual dan pada absen daftar hadir bulan Desember 2011 masih terdapat beberapa karyawan yang belum mengisi absen pada jam pulang.
  4. Secara keseluruhan pada sekretariatan tidak membuat program kerja.
  5. Penyerapan anggaran 31 Maret 2012 DIPA 01 mencapai 18% dan DIPA 04 0%.
  6. Pengangkatan bendahawan masih CPNS.
  7. Pengelolaan keuangan belum tertata rapi, begitu juga pengarsiapannya.
  8. Ruang perpustaan dipakai sebagai ruang bendahara pengeluaran.
  9. Pengelolaan perpustakaan belum berjalan.
 
     
V. Pelayanan Publik  
 
    1. SK petugas informasi sudah ada, akan tetapi SK petugas pengaduan belum ada.
    2. Secara umum relatip baik.
 
     

PA Karangasem


I. Manajemen Peradilan  
 
  1. Panjar biaya belum terpampang pada Pengadilan Agama.
  2. Sudah ada SOP, tapi belum jalan.
  3. SK Pengelola IT belum ada SK Ketua Pengadilan Agama.
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Masih belum dijumpai daftar Majelis Hakim yang dibuat jadwal tetap.
  2. Amar putusan, mestinya “Menjatuhkan talak satu bain…” bukan “Memutuskan jatuh talak…”
  3. Pengiriman salinan putusan, bukan ke KUA, tapi PPN Kantor Urusan Agama.
  4. Kurangnya pendalaman pemeriksaan saksi.
  5. Hadist tak berawi.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Belum ditutupnya regiser setiap bulan.
  2. Ada beberapa kolom dalam buku register belum terisi.
  3. Soal penempatan berkas antara bundel A
 
     
IV. Administrasi Umum  
 
  1. Tidak ada SOP kesekretariatan.
  2. Soal DUK belum sesuai Surat Edaran BKN tahun 1980.
 
     
V. Pelayanan Publik  
   
     

PA Klungkung


I. Manajemen Peradilan  
 
  1. Jabatan Wakil Ketua masih kosong.
  2. Examinasi belum dilakukan.
  3. Semuanya relatip berjalan baik.
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Mediasi berhasil 28% tahun 2011 dan 2012 menjadi 50%.
  2. Kesalahan lebih pada aspek “salah ketik”.
  3. Ada keterlambatan minutasi.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Soal pengisian pihak tidak lengkap.
  2. Register perkara dikerjakan oleh tenaga honorer.
  3. Buku register perkara setiap bulan belum ditutup.
 
     
IV. Administrasi Umum  
 
  1. Ada bebrapa karyawan tidak bisa naik pangkat karena terhalang posisi Pengadilan Agama Kelas II.
  2. Ada yang belum punya Karis dan Karsu.
  3. Ada juga yang belum turun kenaikan pangkatnya.
  4. Ada petugas sudah 5 sampai 8 tahun belum pernah ada mutasi.
  5. Beberapa jabatan penting kosong.
 
     
V. Pelayanan Publik  
  Relatif baik  
     

PA Bangli


I. Manajemen Peradilan  
 
  1. Sudah ada job discription, tapi tidak semua pegawai memahami.
  2. Belum dilakukan evaluasi triwulan oleh Ketua Pengadilan Agama.
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Dalam berkas perkara tidak dilampiri bukti pembayaran di Bank.
  2. Penulisan perubahan UU No 7/1989 dengan kata junto, semestinya”sebagaimana telah diubah dengan UU No 3/2006 dan perubahan kedua dengan UU No 50/2009.
  3. Penyumpahan saksi dilakukan bersama-sama, mestinya satu persatu.
  4. Sampul perkara hanya ditulis nomor perkara.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Register perkara telah ditutup.
  2. Register akta cerai tidak ditutup pada setiap bulan.
  3. Tidak melakukan penutupan buku induk keuangan
  4. Biaya proses belum dibuat tersendiri.
  5. Belum ada lemari arsiptersendiri.
 
     
IV. Administrasi Umum  
 
  1. Pegawai honorer dalam DIPA 2012 sebanyak 5 orang, tapi ternyata 6 orang.
  2. SPPJ belum dilengkapi SPT, Tiket, Kwitansi Hotel.
  3. Berzetting formasi tidak sesuai pengisian formasi jabatan.
  4. Suarat permohonan cuti tidak terdapat catatan pertimbangan atasan.
  5. Belum ada buku khusus untuk DP3.
  6. Ruang perpustakaan cukup baik.
 
     
V. Pelayanan Publik  
 
  1. Belum ada papan prosedur dan tata cara memperoleh informasi.
  2. Web site sudah baik dan telah terpasang 8 Kamera CCTV.
 
     

PA Singaraja


I. Manajemen Peradilan  
   
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Masih menggunakan “Penugasan” bukan “Penunjukan”.
  2. Ada PHS lebih dahulu dari PMH.
  3. Penggantian Majelis, tetapi dalam Berita Acara masih ditulis susunan Majelis seperti yang lalu
  4. Meterai tidak bertanggal.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Masih didapati antara tanggal ingkrah yang terlalu lama ditulis dalam register padahal BHT sudah lama.
  2. Berkas perkara yang sudah putus didapati masih belum dimasukkan ke dalam register.
  3. Dalam register keuangan, jurnal, buku induk dalam perkara yang sama ditulis berbeda-beda.
  4. Relaas panggilanpun pengeluaran keuangan berbeda.
  5. Laporan perkara diterima dengan PMH terlalu jauh, mestinya 7 hari.
  6. Belum ada ruaang arsip yang tertata rapi.
 
     
IV. Administrasi Umum  
   
     
V. Pelayanan Publik  
  Relatif baik  
     

PA Negara


I. Manajemen Peradilan  
 
  1. Ketua Pengadilan Agama tidak lakukan pengawasan dan penutupan buku induk keuangan.
  2. Belum ada SK pemberlakuan SOP
 
     
II. Administrasi Persidangan dan Teknis Yustisial  
 
  1. Masih gunakan blangko SPT yang ada Bismillah……. baik PMH, PHS dan penunjukan PP.
  2. Berita Acara sidang tidak ada halaman.
  3. Tentang kuasa insidentil dilengkapi silsilah keturunan.
  4. Bukti foto kopi tidak dicocokkan dengan aslinya dan tidak dilegalisir.
  5. Desente bukan perintah majelis, tapi via putusan sela.
  6. Masih didapati amar putusan yang berkaitan dengan harta bersama belum ada:… jika tidak bisa dibagi, dst.
  7. Antara putusan dan penetapan.
 
     
III. Bindalmin  
 
  1. Biaya panjar tidak melalui Bank.
  2. Ada biaya proses 50.000 untuk ATK.
  3. Pengisian buku register tidak sesuai kejadian.
  4. Ada coretan di register, tapi tidak renvoi.
 
     
IV. Administrasi Umum  
 
  1. Masih kekurangan tenaga.
  2. Belum ada DUK.
  3. Masih rangkap jabatan.
  4. Pembukuan masih pola lama, padahal sudah pakai Exel tahun 2009.
  5. Realisasi anggaran baru 16% belanja modal 0%, jadi penyerapannya kurang.
 
     
V. Pelayanan Publik  
  Relatif baik