Home / Berita / Berita Peradilan Agama / Rakor, Pembinaan dan Evaluasi Kinerja Triwulan I Tahun 2018 Pengadilan Agama Sumbawa Besar

Rakor, Pembinaan dan Evaluasi Kinerja Triwulan I Tahun 2018 Pengadilan Agama Sumbawa Besar

rakor1

Pengadilan Agama Sumbawa Besar Kamis, (05/04/2018) gelar rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi kinerja triwulan I (pertama) Tahun 2018 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

Rakor dipimpin oleh Ketua PA Sumbawa Besar, Drs. Sahlan, S.H.,M.H., dihadiri oleh para Hakim, pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh Pegawai Pengadilan Agama Sumbawa Besar.

Setelah acara dibuka, Panitera PA Sumbawa Besar Kartika Sri Rohana, S.H. diberi kesempatan pertama untuk menyampaikan prensentasinya. Dalam pemaparannya beliau menguraikan beberapa informasi terkait hasil Rakor Pengadilan Agama se-wilayah PTA Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 15 Februari 2018 serta hasil pembinaan pada tanggal 7 s.d. 8 Maret 2018 di Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat diantaranya;

  • Seluruh Pengadilan Agama diharuskan dan atau wajib menggunakan aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) versi 3.2.0.;
  • Seluruh Pengadilan Agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat di haruskan mengikuti Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) di tahun 2018, dengan harapan Pengadilan Agama Sumbawa Besar juga dapat mengikuti SAPM untuk meningkatkan nilai menjadi nilai A excellent, yang pada saat ini masih mendapat nilai terakreditasi B (baik).
  • Bahwa Hatiwasda PTA Nusa Tenggara Barat akan turun melakukan pengawasan dan pembinaan reguler di PA Sumbawa Besar sekitar minggu ke-dua bulan April 2018, untuk itu diharapakan kepada seluruh pengawai dan petugas yang telah ditunjuk diharapkan mempersiapkan segala sesuatunya seperti; semua buku-buku register agar diisi, para user SIPP agar menginput data maupun dokumen-dokumen sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing agar tidak ada temuan yang sama seperti ditahun sebelumnya.
  • Selanjutnya masalah kebersihan kantor dan lingkungan kantor juga perlu ditingkatkan guna kenyamanan dalam bekerja, tutur beliau mengakhiri pemaparannya.

rakor2

Sementara itu Wakil Ketua PA Sumbawa Besar H. Akhmad Junaedi, S.H., dalam sambutannya memberikan arahan bahwa Hakim Pengawas Bidang (Hawasbid) diharapkan agar melakukan pengawasan dan membuat Laporan Hasil Pengawasan (LHP) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan per caturwulan (setiap empat bulan sekali), dan pada bulan April 2018 ini dapat melakukan pengawasan yang perdana di tahun 2018.

Sedangkan untuk SIPP berdasarkan pantauan beliau ada beberapa bagian dalam pelaksanaannya belum optimal seperti penginputan menu keuangan perkara, penginputan jadwal penundaan sidang yang tidak terinput oleh Panitera Pengganti, keterlambatan penginputan relaas pangilan oleh Jurusita pengganti yang berinplikasi dapat mengganggu pembuatan putusan oleh hakim serta jalannya proses perkara dan persidangan, oleh sebab itu para user diharapkan lebih optimal dan memperhatikan penginputan dokumen-dokumennya.

Selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi dan pengamatan beliau selaku penanggung jawab kedisiplinan aparatur, bahwa terjadi penurunan tingkat kedisiplinan, baik itu jam masuk, kerja, istirahat maupun jam pulang kerja aparatur. Oleh karena itu dimohon kepada masing-masing atasan langsung dapat membaca kembali aturan-aturan yang ada untuk peningkatan kedisiplinan aparatur seperti; (1) Peraturan Mahkamah Agung RI No. 7 tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya; (2) Peraturan Mahkamah Agunga RI No. 8 tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya. (3) Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri SIpil Republik Indonesia.

Pembinaan dan Evaluasi Kinerja

Acara berikutnya pembinaan sekaligus evaluasi kinerja pegawai disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar Drs. Sahlan, S.H.,M.H., beliau menyampaikan beberapa hal sebagai berikut;

  1. Kegiatan pembinaan agar dibuatkan jadwal selama satu tahun dan ditempel di papan pengumuman sesuai dengan program kerja tahun 2018.
  2. Kebersihan kantor dan lingkungan kantor agar ditingkatkan dengan selalu menjaga kebersihan dan penggunaan fasilitas yang ada semaksimal mungkin;
  3. Bagian kesekretariatan khusunya bagian umum agar melakukan evaluasi kinerja tega honorer secepanya guna repfres dan pembinaan terkait pelaksanaan tugas untuk peningkatan kinerja.
  4. Hatiwasda PTA Nusa Tenggara Barat akan turun melakukan pengawasan, pembinaan dan supervisi  ke PA Sumbawa Besar yang direncanakan sekitar tanggal 23 s.d. 27 April 2018, oleh karena itu harapan beliau agar seluruh pegawai dan semua bagian baik kepaniteraan maupun bagian kesekretariatan, dapat menyelesaikan pekerjaaan atau menyiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi pengawasan dimaksud;
  5. Agar bagian IT dapat mengontrol beberapa web site yang harus di buka setiap hari seperti; Website Mahkamah Agung, Badilag, PTA Nusa Tenggara Barat, email PA Sumbawa Besar untuk kecepatan dan ketepatan pengelolaan penyampaian informasi yang ada.

rakor3

Bahwa di samping beberapa hal tersebut di atas, kedisiplinan aparatur juga tidak luput menjadi sorotan beliau tentang menurunya tingkat kedisiplinan aparatur pada triwulan pertama. Menurut beliau disiplin adalah tepat waktu, tepat tugas, serta tepat aturannya.  

Lebih lanjut beliau menguraikan bahwa Tepat waktu artinya tepat waktu masuk, istirahat dan pulang kerjanya. Sedangkat tepat tugas artinya tepat pelaksanaan kerjanya, sementara tepat aturan artinya segala apa yang dikerjakan sesuai aturan dan pedoman kerja yang ditetapkan.

Bahwa di triwulan pertama tahun 2018 ini tutur beliau beberapa program keja telah dapat dilaksanakan seperti pelaksanaan sidang terpadu bersama dinas Duk Capil Kab. Sumbawa, Kantor Urusan Agama, dan LSM, serta beberapa eksekusi dapat dilaksanakan dan berhasil.

rakor4

Diakhir sambutan dan pembinaannya beliau meminta komitmen seluruh aparatur Pengadilan Agama Sumbawa Besar, terkait komitmen untuk dapat mengikuti dan meningkatkan nilai SAPM Pengadilan Agama Sumbawa Besar menjadi nilai A excellent di tahun 2018, yang mana komitmen tersebut di ya kan oleh seluruh Penanggung Jawab (Pj. Manemen, Pj. Kesekretariatan dan Pj.  Kepaniteraan) dan diamini  oleh semua aparatur PA Sumbawa Besar

Sementara itu Sekretaris PA Sumbawa Besar Lalu Surnarijal, S.H. diakhir acara menyampaikan agar seluruh program kerja yang telah dibuat di tahun 2018 dapat dilaksanakan. Serta sarana dan prasarana yang ada perlu di jaga dan dirawat oleh seluruh aparatur PA Sumbawa Besar secara maksimal dan optimal. (Doc. Tim IT PA Sub. 05/04/18).