Home / Berita / Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di PA Mataram

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di PA Mataram

Jum’at, (01/06/18), pukul 08.00 WITA Pengadilan Agama Mataram melaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 di Halaman kantor Pengadilan Agama Mataram. Hari ini merupakan hari yang penuh berkah, bertepatan dengan hari jum’at dan hari ke 17 bulan Ramadhan, dan awal momentum yang sangat baik yakni bertepatan juga dengan tanggal 1 Juni 2018.

            Meskipun dikalender nasional menunjukkan bahwa hari ini merupakan hari libur nasional, namun semangat untuk memperingati hari lahir pancasila mampu menyulut semangat para karyawan dan karyawati PA Mataram, hal ini terlihat dari tingkat kehadiran dalam pelaksanaan upacara hari lahir Pancasila.

           WKPA Mataram Bapak Drs. Abd. Salam, S.H.,M.H. bertindak sebagai pembina dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila tersebut, dalam amanat upacara beliau membacakan sambutan dari Presiden RI. Dalam pidato sambutan tersebut pada intinya ada beberapa hal penting yang disampaikankan yakni sebagai berikut :

  1. Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia
  2. Pancasila merupakan ideology Negara Kesatuan RI
  3. Bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika dengan semangat berbagi dan bersatu dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan sating menghargai dengan penuh empati
  4. Berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
  5. Menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

            Ada satu hal yang berbeda pada pelaksanaan upcara kali ini, yakni petugas pengibar bendera yang dilakukan oleh siswa/siswi PKL dari SMK 2 Mataram. Upacara tersebut berlangsung khidmat. Dan ditutup dengan pembacaan do’a. (rw)

Selamat Hari Lahir Pancasila!

Kita bersatu!

Kita berbagi!

Kita berprestasi!

Untuk Negeri dan Ibu Pertiwi…