Berita Agama

Badung, 13 Januari 2022 |www.pa-badung.go.id

Kamis, 13 Januari 2022 M bertepatan dengan tanggal 10 Jumadal Akhirah 1443 H. Pengadilan Agama Badung menjadi tuan rumah Sosialisasi Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 5 Tahun 2021 dan Pembinaan Pengadilan Agama Sewilayah Bali. bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Badung.

Ketua Pengadilan Agama Badung menyambut kedatangan Dirjen Badilag Dr.Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., di lobby PA Badung menemai Bapak Dirjen untuk mengecek fasilitas pelayanan serta banner yang ada di Pengadilan Agama Badung, Pertama tama beliau mengecek banner mengenai Program Prioritas Ditjen Badilag 2022, lalu menuju PTSP PA Badung, Ruang Mediasi, Ruang Kesehatan, Ruang Posyankum dan sebelum masuk ke ruang sidang beliau mengecek ruangan kepaniteraan dan kesekretariatan PA Badung.

 

Setelah selesai berkeliling, Bapak Dirjen Badilag Dr.Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. menyampaikan Pembinaan Pengadilan Agama Sewilayah Bali, dalam sambutannya beliau mengapresiasi Pengadilan Agama di Wilayah Bali yang telah berhasil meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), kepada Pengadilan lainnya yang belum mendapatkan predikat WBK untuk terus bersemangat meraih predikat WBK di tahun ini. Beliau juga menjelaskan bahwa predikat WBK merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah dan masyarakat sebagai pengakuan bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

Selanjutnya beliau berpesan untuk mendukung program Prioritas Ditjen Badilag 2022, yang salah satunya meningkatkan jumlah pengguna lain e-court dan pemanfaatan gugatan mandiri. semata mata sebagai salah satu langkah untuk mengedukasi masyarakat sehingga melek dan terbiasa dengan menggunakan teknologi dan bisa mengikuti perkembangan zaman.

Sebagai penutup beliau memberikan pandangannya untuk semakin menguasai hukum perdata internasional, karena tidak tertutup kemungkinan kedepannya akan semakin banyak bersinggungan dengan hukum perdata negara lain, terutama Pengadilan Agama se wilayah Bali yang setiap tahun pihak berperkara berasal dari luar negeri semakin bertambah.

 

Acara dialnjutkan dengan Sosialisasi Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 5 Tahun 2021 yang disampaikan oleh Ketua Kamar Mahkamah Agung RI YM.Dr.Drs.H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M., dalam sambutannya beliau berpesan untuk bijaklah dalam menggunakan media komunikasi. Lalu beliau memaparkan mengenai Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 5 Tahun 2021.

dalam kegiatan ini turut hadir juga tamu kehormatan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram Dr. H. Empud Mahpudin, S.H., M.H.

sebagai penutup acara diadakan foto bersama, bersama Pengadilan sewilayah Bali.