Berita Agama

Praya | pa-praya.go.id

Aplikasi SAKTI merupakan aplikasi inovasi yang dibangun guna mendukung segala pengimplementasi Sistem Perbendaharaandan Anggaran Negara (SPAN) di mana SAKTI sendiri merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang telah digunakan pada tingkat satker. 

PA Praya Mengikuti Zoom Meting EUT Sakti

 

Adapun tujuannya dilaksanakan kegiatan ini salah satunya memberikan pelatihan kepada pengelola keuangan tentang cara mengaplikasikan aplikasi SAKTI. Hal tersebut menjadi penting karena kedepannya semua proses pengelolaan keuangan akan menggunakan aplikasi SAKTI.

Selama 2 Minggu mulai tanggal 30 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 10 September 2021, Rudi Haryadi, S.Kom Kasubbag Umum dan Keuangan, Yuni Rohmiyati, S.E dan Aria Wirawan, S.T selaku operator Aplikasi Sakti PA Praya mengikuti Kegiatan End User Training (EUT) SAKTI dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mataram sebagaimana maksud surat undangan Nomor : UND-133/WPB.23/KP.01/2021 tanggal 24 Agustus 2021.

Kegiatan dilakukan melalui Video Conference menggunakan Aplikasi Zoom dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19. Kepala KPPN Mataram dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan End User Training (EUT) SAKTI menyampaikan terima kasih atas kesediaan para peserta dalam mengikuti Kegiatan training ini. 

“Terima kasih saya sampaikan atas kesediaan Bapak Ibu dalam kegiatan training ini,“kata Joko Maryono

Pelaksanaan End User Training (EUT) aplikasi SAKTI tahun 2021 pada KPPN Mataram sesuai jadwal dari kantor pusat, dilaksanakan dalam 2 (dua) sesi yakni modul Pelaksanaan tanggal 30 Agustus s.d. 3 September 2021 dan modul Pelaporan tanggal 6 s.d 10 September 2021. 

Training ini dilaksanakan sehubungan dengan implementasi secara penuh aplikasi SAKTI yang akan dimulai pada akhir tahun 2021. Materi training yaitu kelompok modul Pelaksanaan yang terdiri dari Komitmen, Pembayaran dan Bendahara serta kelompok modul Pelaporan yang terdiri dari Persediaan, Aset Tetap, Piutang dan GLP.

Selama pelaksanaan setiap harinya ada evaluasi pencapaian setiap satker yang mengikuti, serta setiap hari setelah materi juga ada tugas yang harus dikirim ke KPPN Mataram. Sehingga terpantau satker mana saja yang sudah aktif mengikuti training simulasi dan mengerjakan tugas.

Ditemui Tim Website PA Praya seusai acara, Kasubbag Umum dan Keuangan Rudi Haryadi, S.Kom, mengungkapkan dengan adanya kegiatan Pelaksanaan End User Training (EUT) SAKTI oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mataram sangat bermanfaat serta membantu PA Praya dalam proses pengelolaan keuangan dikemudian hari. 

“Dalam pelaksanaan kegiatan KPPN Mataram sangat jelas dan sabar dalam pemberian meteri kepada peserta kegiatan, mulai dari memberikan pengenalan secara mendalam tentang SAKTI sampai dengan penjelasan tentang tujuan serta fungsi setiap menu yang ada dalam aplikasi SAKTI serta praktik simulasi”, ujar Rudi Haryadi, S.Kom.

Aplikasi sakti yang berbasis web ini merupakan lompatan besar dalam pengelolaan keuangan negara yang bisa mempercepat dalam bidang penganggaran, pembayaran dan pelaporan. (Tim IT PA Praya)