Seputar Peradilan

Mataram, 12/12/2021 - Bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Mataram, Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. didampingi pejabat eselon II Sekretaris Ditjen Badilag Drs. H. Arief Hidayat, S.H.,M.M.  meresmikan inovasi Layanan BISA Pengadilan Tinggi Agama Mataram sekaligus memberikan pembinaan kepada para Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris pada seluruh satuan kerja di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Mataram.

Acara yang dimulai pada pukul 20.00 WITA tersebut, diawali oleh sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram Dr. H. Empud Mahpudin, S.H., M.H. mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dirjen yang meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan kepada warga peradilan agama di sela sela kesibukan beliau yang sangat padat. Empud Mahpudin juga mengungkapkan bahwa Inovasi Layanan BISA bukan semata-mata ingin memperoleh predikat WBK atau WBBM  tapi untuk memberikan kemudahan, kelancaran dan kemurahan untuk pencari keadilan, sehingga pencari keadilan merasakan betul kehadiran Pengadilan dirasakan sebagai kesejukan bagi mereka.

PembinaanDirjen12121

Inovasi yang di launching diantaranya:

Cloud 

Merupakan media informasi dalam penyampaian dokumen perkara banding ke Pengadilan Tinggi Agama Mataram yang bertujuan mempercepat proses pengiriman berkas perkara banding, proses registrasi perkara banding, proses distribusi dan pemeriksaan perkara banding oleh Majelis Hakim dan pemberitahuan dan penyampaian salinan putusan ke Pengadilan Agama Pengaju. 

Notifikasi

Merupakan media pemberitahuan langsung kepada pejabat terkait dan pihak pengaju terkait kelengkapan berkas, registrasi berkas perkara dan notifikasi putusan yang dikirim melalui Whatsapp yang tercantum pada SIPP pengadilan Tingkat Pertama. Notifikasi perkara bersumber dari data SIPP Satuan Kerja Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Mataram yang telah tersinkronisasi dengan server Pengadilan Tinggi Agama Mataram.

ASVIR

Merupakan media tanya jawab/helpdesk dama bentuk Whatsapp bot dan Chat interaktif yang tersambung ke masing-masing petugas layanan Pengadilan Tinggi Agama Mataram, untuk mengetahui informasi bisa mengirimkan pesan dengan kata kunci info ke no asvir

Live Chat

Pelayanan yang memungkinkan untuk menjawab segala pertanyaan, keluhan, permintaan pelanggan secara real time, Layanan Chat Interaktif/Video Call dalam bentuk Whatsapp maupun Live Chat yang tersedia di website. Anda akan terhubung langsung dengan Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Petugas kami akan siap, dan sigap menjawab permasalahan Anda.

3 in 1

3in1 adalah Layanan One Day Minute, One Day Publish, dan One Day Send, dimana dalam penyelesaian berkas perkara harus selesai selama 1 x 24 jam dan pada hari itu berkas salinan putusan banding sudah dikirim ke pengadilan agama pengaju.

30 Hari

Layanan Percepatan Penyelesaian Perkara selama 30 hari.

Qr Code

Merupakan pengalihan arsip perkara (Hardcopy) Kepada arsip yang bentuk digital, Digitalisasi ini sebagai kelanjutan dari Layanan Cloud yang telah terhimpun dokumen berkas banding secara digital.

PembinaanDirjen12122

Acara dilanjutkan dengan Pembinaan DIrjen Badilag, dalam pembinaan tersebut Dirjen Badilag melakukan “Audit” terkait Monitoring Penyelesaian Perkara, Ecourt, Website, Mediasi, dan Penyerapan Anggaran pada Pengadilan Tingkat Pertama se wilayah Pengadilan Tinggi Agama Mataram. Dirjen Badilag menekankan agar Website selalu dievaluasi sebab website merupakan sarana bagi masyarakat, akademisi pemerhati peradilan dalam rangka melihat permasalah-permasalahan yang berkaitan dengan Pengadilan Agama. Selain itu Dirjen Badilag juga menghimbau agar permasalahan yang diajukan oleh masyarakat ke Pengadilan Agama bisa diselesaikan dengan perdamaian, hal ini akan menjadi Program badilag ditahun mendatang, Badilag akan memberikan memberikan reward bagi Mediator yang berhasil mendamaikan pihak berperkara.

Di akhir pembinaannya Aco Nur menegaskan bahwa untuk mewujudkan kepemimpinan transformatif harus memiliki prinsip, Ikhlas bekerja, menjaga integritas, datang lebih awal dan pulang lebih larut,, terbuka dengan perubahan dan gagasan baru, tidak pelit mengapresiasi bawahan, membentuk tim-tim kecil yang efektif, menciptakan atmosfer kerja yang positif, dan selalu optimis.

Sejatinya, tidak sulit mewujudkan kepemimpinan transformatif. Seorang pemimpin hanya perlu memulai semua dari dirinya sendiri. Ia perlu meluruskan kembali niatnya sebagai pemimpin, fokus pada kepentingan bersama, serta mengedepankan kepentingan lembaga di atas kepentingan pribadi

Acara ditutup dengan memberikan penghargaan kepada Pengadilan Agama yang berprestasi.

PembinaanDirjen12123