Seputar Peradilan

Salah satu elemen penting dalam mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani atau WBBM adalah service excellence atau pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan yang dilakukan dari mulai petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Security sebagai garda terdepan PTA Mataram (Pengadilan Tinggi Agama Mataram) juga seluruh aparatur peradilan dari unsur staf sampai unsur pimpinan. 

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Pengadilan Tinggi Agama Mataram bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Mataram Hasanudin pada hari Kamis 16 September 2021 mengadakan pelatihan khusus pelayanan prima atau Service Excellence bagi para petugas garda terdepan PTA Mataram bertempat di Aula Utama Pengadilan Tinggi Agama Mataram, yang dalam pelaksanaannya ternyata diluar dugaan menarik minat semua aparatur pengadilan yang lain termasuk para pejabat yang ada di PTA Mataram.

Service bank 2

Kepala Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Mataram Hasanudin Ibu Nur Intan dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu elemen penting dalam sebuah bisnis atau perusahaan adalah service excellence atau pelayanan prima, hal ini sangat penting dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan lain. Biasanya semua perusahaan akan mengatakan bahwa mereka telah menerapkan pelayanan prima kepada semua klien atau pelanggan, namun hal yang dianggap sepele ini ternyata tidak semudah seperti yang dibayangkan. Oleh karena itu sebagai pelaku bisnis, tidak boleh lengah sedikitpun karena para pesaing akan selalu berusaha untuk menerapkan standar pelayanan yang sangat tingg agar bisa menerapkan pelayanan prima di sebuah perusahaan.

Dalam pelatihan service excellence ini, para karyawan akan diajarkan bagaimana mengetahui kebutuhan para pihak pencari keadilan dan bagaimana seharusnya bersikap kepada mereka mulai dari gesture, bahasa, hingga mengetahui seluk beluk psikologis orang yang dilayani. Pada dasarnya Training Service Excellence bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan atau klien bisnis yang menguntungkan, yang dalam hal ini Pengadilan Tinggi Agama Mataram berupaya untuk membekali karyawan ketika dihadapkan dengan para pihak pencari keadilan yang meminta untuk dilayani, sehingga ketika ada para pihak datang untuk menyelesaikan masalahnya, para petugas telah siap dengan jawaban yang lengkap dan memuaskan.

Service bank 1

Selanjutnya Ketua PTA Mataram Bpk H. Empud Mahpudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk bisa menerapkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan yang datang ke PTA Mataram, harus diimbangi dengan pelayanan yang prima, yang membutuhkan keterampilan para petugas yang akan melayani, sehingga pelatihan Service Excellence sangat diperlukan. Kegunaan dan manfaat utamanya adalah untuk membekali karyawan dengan ilmu-ilmu pelayanan prima terbaru serta membekali karyawan dengan pemahaman mengenai bagaimana seharusnya pelayanan kepada para pencari keadilan diterapkan.

Sebagai contoh jika kita pernah makan di beberapa warung atau restoran, maka akan merasakan perbedaan pelayanan dari masing-masing restoran tersebut. Ada restoran yang pelayanannya sangat ramah dan memanjakan pengunjung namun harus menunggu terlalu lama untuk mendapatkan makanan yang dipesan. Bandingkan dengan pelayanan yang biasa saja bahkan cenderung terburu-buru dan dilayani dengan ketus, namun makanan disajikan bisa dengan sangat cepat tanpa mengurangi kualitas makanan tersebut. Maka jika kita bisa menggabungkan dua kelebihan restoran tersebut, pelanggan akan merasakan dan menikmati pelayanan yang benar-benar prima. 

Pengalaman diatas adalah satu gambaran bagaimana excellence service diterapkan, agar pelatihan Service Excellence ini diajarkan untuk bisa menerapkan pelayanan prima dengan menggabungkan beberapa elemen dasar semacam kecepatan, ketepatan, keamanan, kenyamanan, proses, kuantitas, kualitas, dan kepuasan. Dan  ini merupakan sesuatu strategi agar para pihak yang datang ke PTA Mataram mendapatkan kesan yang menyenangkan merasa dilayani dengan sempurna, dan mendapatkan kepuasan hati atas kesan yang dialaminya.

Dan dalam menutup sambutannya Ketua PTA Mataram menyampaikan, kita harus bisa mengadopsi  slogan yang biasa terpampang di Rumah Makan Padang, diantaranya "Kalau Anda Puas Beritahu Yang Lain, Kalau Anda Tidak Puas Beri Tahu Kami “.

Service bank 3 

Pelatihan Service Excellent dipandu oleh ibu Dwi Rahayu Aprianti sebagai utusan dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Mataram Hasanudin mendapat sambutan yang luar biasa dan antusias dari seluruh aparatur PTA Mataram, yang semula kegiatan ini hanya diperuntukkan bagi para petugas PTSP dan Security, namun dalam pelaksanaannya diikuti hampir seluruh unsur Pejabat dan ASN PTA Mataram sampai sesi pelatihan selesai.