Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Seputar Peradilan

Mataram – Pada hari yang penuh makna, Pengadilan Tinggi Agama Mataram menggelar acara pengambilan sumpah dan pelantikan Panitera Pengganti (Senin,01/07). Acara ini merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas dan integritas pelayanan hukum di lingkungan peradilan agama. Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat dan staf Pengadilan Tinggi Agama Mataram serta undangan lainnya.

PelantikanPP juli 3

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya yang memungkinkan acara tersebut berlangsung dengan lancar. Beliau mengucapkan selamat kepada Panmud Banding, Panmud Hukum, dan Panitera Pengganti yang ditugaskan di Pengadilan Tinggi Agama Mataram serta di berbagai Pengadilan Agama di wilayah Mataram, Bima, dan Sumbawa.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram menekankan pentingnya profesionalisme dan integritas dalam menjalankan tugas. "Setiap Panitera Pengganti harus teliti dalam membaca dan menganalisis berkas perkara, membuat resume, menyusun draf putusan, hingga proses minutasi," ujarnya. Beliau juga menegaskan bahwa integritas merupakan pondasi utama dalam sistem peradilan yang adil dan bermartabat. "Panitera Pengganti harus memastikan bahwa semua perkara ditangani dengan penuh kejujuran dan keadilan, serta bebas dari intervensi yang merusak integritas lembaga," tambahnya.

PelantikanPP juli 2

Selain itu, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram juga menyoroti pentingnya pemanfaatan teknologi informasi. Panitera Pengganti dituntut untuk terampil dalam menggunakan perangkat teknologi untuk mendukung tugas dan pekerjaan sehari-hari. "Jika mengalami kesulitan, jangan ragu untuk bertanya kepada senior atau hakim, dan terus belajar serta mengasah diri dengan pengetahuan baru seiring dengan perkembangan zaman," pesannya.

Acara pelantikan ini menandai komitmen Pengadilan Tinggi Agama Mataram untuk terus memperkuat profesionalisme dan integritas dalam pelaksanaan tugas peradilan. Diharapkan, Panitera Pengganti yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, menjaga integritas, dan terus meningkatkan profesionalisme demi mewujudkan peradilan agama yang adil dan bermartabat.

Selamat kepada para Panitera Pengganti yang baru dilantik. Semoga amanah yang diberikan dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan integritas. (Angga)