Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Berita Agama

Praya | pa-praya.go.id

Kamis, 30 September 2021 PA Praya meresmikan operasionalisasi fasilitas ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Bertempat  di ruang sidang utama PA Praya, Ketua PTA Mataram DR. Empud Mahpudin, S.H., M.H. meresmikan penggunaan fasilitas PTSP PA Praya yang baru. Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua PTA Mataram Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn., Para Hakim Tinggi PTA Mataram, Ketua PA Praya, Wakil Ketua PA Praya, Para Hakim PA Praya, Pimpinan Cabang BRI Praya, Pejabat Struktural, Fungsional serta seluruh karyawan-karyawati PA Praya. 

 

KPTA Mataram didampingi oleh KPA Praya Beserta Pihak Dari BRI Meresmikan PTSP Baru Di PA Praya

 

Dasar hukum PTSP di Pengadilan Agama adalah berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Badilag Nomor 1403.b/DJA/SK/OT.01.3/8/2018. Dalam SK tersebut dijelaskan syarat dan layanan yang harus ada dalam fasilitas ruangan PTSP. Agar memenuhi ketentuan tersebut, PA Praya menggandeng BRI Kanca Praya untuk merombak ruang PTSP agar lebih nyaman dan sesuai dengan ketentuan Dirjen Badilag, terdapat sarana-sarana diantaranya adalah mesin antrian, TV, dan CCTV. 

 Dalam acara Peresmian tersebut ketua PA Praya Syafruddin, S.Ag.,M.S.I. menyampaikan terimakasih kepada BRI Cabang Praya yang telah memberikan dana CSR nya guna pembangunan ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PA Praya.

“ Ruang pelayanan  Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (PTSP) merupakan bantuan hibah dari BRI Kanca Praya. sekarang ruang PTSP sudah lebih bagus, lebih nyaman dan memudahkan  bagi pencari keadilan PA Praya untuk mendapat layanan dan informasi yang diperlukan. Harapan kami pada masa yang akan dating, kerja sama antar lembaga ini dapat lebih ditingkatkan”  tutur Ketua PA Praya.

Dalam sambutannya Ketua PTA Mataram Dr. H. Empud Mahpudin, S.H., M.H. mengharapkan dengan diresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang baru maka pencari Keadilan dapat dilayani dengan cepat dan untuk mewujudkan tujuan tersebut perlu adanya komitmen bersama dari seluruh  Pimpinan, Para Hakim dan seluruh karyawan-karyawati PA Praya. Dr. H. Empud Mahpudin, S.H., M.H. juga mengharapkan Kerjasama antara BRI dan PA Praya dapat dicontoh oleh Pengadilan-Pengadilan lainya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa dengan tersedianya fasilitas PTSP yang baru ini dapat memotivasi aparatur PA Praya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Karena itu fasilitas yang baik harus diikuti dengan kemampuan dan ketrampilan Petugas PTSP. Petugas PTSP harus selalu menerapkan 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun. 

Beliau juga berharap agar informasi yang diberikan kepada masyarakat adalah informasi yang tepat dan benar.informasi yang tepat dan benar sangat membantu masyarakat.

Semoga dengan adanya ruang PTSP yang baru mampu meningkatkan pelayanan kepada para pencari keadilan di PA Praya. Acara ditutup dengan doa dan penguntingan pita oleh Ketua PTA Mataram makan bersama. (Tim IT PA Praya)