Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Seputar Peradilan

Monev Tim Perpustakaan dan PPID BUA MA RI di PTA Mataram

Mataram,14 Desember 2022 | pta-mataram.go.id

ppid Bua mari 1

Hari Rabu (14/12-2022) yang cerah menyelimuti kota Mataram mengiringi kedatangan rombongan dari Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI ( BUA MA RI) yang di pimpin oleh Ibu Siti Salbiah.,SE.MM. ( Kepala Sub Bagian Perpustakaan) dalam rangka monitoring dan evaluasi penyelenggaraan perpustakaan dan Pelayanan Informasi Publik di Pengadilan di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rombongan BUA MA RI ditemani oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Mataram Sutarno,SH.,MH. Dan Kepala Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Mataram H.Mahsyar,SH. Memberikan penjelasan mengenai pelayanan informasi publik serta melihat langsung kondisi Perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Mataram.

ppid Bua mari 2

Rombongan BUA MA RI yang terdiri dari 7 orang, selain Kasubbag Perpustakaan BUA MA RI yang sudah disebut diatas, ikut pula dalam rombongan yaitu Wahyu Suanggoro,SH.,MM. ( Kepala Sub Bagian Data dan Layanan Informasi), Zainal Arifin,SH.,MH. ( Pustakawan Ahli Muda), Panca Yunior Utomo.,SH.,MH. (Hakim Yustisial), Dr.Rio Satria.,S.H.I.,M.E.Sy ( Hakim Yustisial), Nur Cahyono Putro,S.E. (penyunting naskah) dan Niky Anggraini,S.I.Pust ( Pustakawan Ahli Pertama). Terkait pelayanan informasi publik jika informasi yang diminta oleh pihak yang membutuhkan sudah ada elektroniknya ( e-dokumen) sesuai amanat dari SK 2-144/KMA/SK/VIII/2022 tidak perlu lagi diberikan dokumen cetaknya, maka pihak yang memerlukan diarahkan untuk mengakses sarana elektronik yang ada pada masing-masing satuan kerja, tetapi ketika pihak yang membutuhkan meminta informasi yang belum tersedia elektroniknya jika memungkin menggunakan sarana yang ada tanpa memerlukan biaya kita sediakan, akan tetapi jika memang ketika informasi yang dibutuhkan harus dicetak maka kepada yang memerlukan dikenakan biaya riil sebesar biaya yang dikeluarkan dalam pencetakan, ada pun standar biaya untuk pencetakan atau penggandaan dokumen di tetapkan SK Biaya yang ditetapak oleh Sekretaris satuan kerja.

ppid Bua mari 3

Pada saat melakukan monitoring dan evaluasi Perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Mataram Ibu Siti Salbiah memberikan beberapa masukan terkait kondisi dan perawatan buku yang ada di perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Mataram. Untuk petugas perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Mataram diberikan pula tutorial penggunaan aplikasi perpustakaan baru yaitu aplikasi slims 9 yang sudah terintegrasi di server Mahkamah Agung RI. Proses migrasi dan tutorial disampaikan oleh Ibu Niky Anggraini selaku Pustkawan Ahli pertama.

Diakhir kunjungan rombongan dari BUA MA RI melakukan sesi foto bersama dengan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram Dr. H. Empud Mahpudin,S.H.,M.H., selanjutnya rombongan dari BUA MA RI bertolak mengunjungi PTUN Mataram. (AH)