Seputar Peradilan

Pengadilan Tinggi Agama Mataram dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat menjalin kerja sama yang diawali dengan penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) peningkatan sumber daya manusia dan kinerja aparatur di dua lembaga. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua PTA Mataram H. Empud Mahpudin dan Kepala Kanwil Kemenag NTB KH. M. Zaidi Abdad. Acara yang berlangsung di aula lantai 4 gedung kanwil Kemenag NTB pada hari Jum’at 03 September 2021 tersebut yang dihadiri oleh jajaran pimpinan kedua instansi dimaksud

MOU Kemenag

Dalam sambutannya, Ketua PTA Mataram menyampaikan bahwa sebelum bulan Juni 2004 peradilan agama dan kementerian agama merupakan “instansi satu ibu” pembinaan administrasi finansial dibawah Departemen Agama, sama sama membangun kiprah dengan landasan ikhlas beramal, namun sejak lahirnya Keputusan Presiden Nomor 21 Tahun 2004 tentang Pengalihan Organisasi, Administrasi dan Finansial di Lingkungan Peradilan Umum dan Peradilan Tata Usaha Negara, dan Peradilan Agama ke Mahkamah Agung. Namun peradilan agama walau satu atap dibawah Mahkamah Agung berupaya untuk selalu membuka diri untuk bersama-sama meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kinerja aparatur di kedua instansi tersebut.

Kerja sama PTA Mataram dengan Kanwil Kemenag NTB sebenarnya secara “defacto” tidak pernah berhenti dan terus berjalan dalam berbagai segi, akan tetapi secara “dejure” tidak ada payung hukum secara tertulis yang berupa nota kesepakatan atau MoU, sehingga untuk tertib administrasi perlu disusun nota kesepakatan sebagai dasar dalam merealisasikan suatu program, dari PTA atau Pengadilan Agama diantaranya siap membantu suksesnya tugas tugas dalam bidang hisab rukyat, pengukuran arah kiblat, juga tugas lain yang bisa meningkatkan kinerja.

Ketua PTA Mataram berharap penandatanganan MoU ini bukan hanya formalitas tapi ingin kerja sama yang sinergi saling mendukung dan saling meopang bagaimana upaya-upaya terhadap pelayanan kepada masyarakat di masing-masing bidang akan meningkatkan girah kepada masyarakat untuk mewujudkan instansi yang betul-betul jauh dari korupsi, kolusi, gratifikasi atau yang merugikan semua pihak, dengan meneladani sikap dan prilaku Rasulullah SAW. Dan Ketua PTA Mataram sangat mendukung serta mendorong serta siap membantu Kanwil Kemenag Provinsi NTB untuk meningkatkan kinerja dan dapat meraih predikat WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Mou Kemenag 2

Kepala Kanwil Kemenag dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sesungguhnya kegiatan yang dilakukan adalah memberikan suatu dorongan motivasi untuk melakukan hal-hal yang terbaik dalam rangka meningkatkan mutu layanan umat atau layanan masyarakat yang lebih baik. Dan ini adalah momentum yang sangat tepat dan sangat bagus dengan harapan adanya MoU ini akan meningkatkan kerjasama baik dari sisi peningkatan sumber daya manusia.

Dii lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama banyak hal yang harus diberikan pemahaman-pemahaman terkait dengan persoalan-persoalan rukyatul hilal, persoalan isbat nikah, persoalan dispensasi nikah, sangat baik untuk dikerjasamakan dengan peradilan agama. Dan PTA Mataram sebagai instansi peradilan agama tingkat provinsi bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama sangat urgen untuk terwujudnya program-program yang dilaksanakan oleh kementerian agama dengan pengadilan agama.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB sangat mendukung yang telah dilakukan PTA Mataram selama ini Pengadilan Tinggi Agama Mataram telah melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, termasuk juga telah mendukung kementerian agama di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi NTB, dan ini menjadi pendorong dan penyemangat dalam melaksanakan program di kementerian agama, dan selalu ada dalam lindungan Allah.